REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danone Indonesia kembali membuktikan eksistensinya dalam memberikan produk terbaik dan halal untuk konsumen Indonesia melalui penghargaan Top Halal Award 2023. Danone Indonesia meraih penghargaan untuk kedua merek unggulannya, yakni produk AQUA dalam kategori Bottled Drinking Water (AMDK) dan SGM Eksplor dalam kategori Kids Milk Powder yang diberikan oleh lembaga survey Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC).
Penghargaan diberikan secara langsung oleh Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika kepada Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri di Jakarta, Rabu (18/10/2023).
Pada kesempatan tersebut, turut hadir secara langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang memberikan apresiasi kepada para pemenang Top Halal Award 2023, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual. Top Halal Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh IHATEC kepada merek terbaik yang sukses meraih predikat merek halal.
Untuk menentukan para pemenangnya, IHATEC melakukan survei Top Halal Index di lima kota besar Indonesia (Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar) dan melibatkan 1.300 responden dari kalangan milenial. Konsumen ditanyakan secara langsung akan merek halal yang ada di benak konsumen tanpa diberikan pilihan jawaban dalam setiap kategori produk dan membahas tentang perilaku dan persepsi milenial Indonesia terhadap produk halal. Pemilihan generasi milenial karena dinilai memiliki kesadaran tinggi dalam memilih produk termasuk faktor kehalalannya.
Prima Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia menyampaikan apresiasinya kepada IHATEC Marketing Research atas penghargaan yang diberikan. Ia menyebut penghargaan yang diterima oleh produk Danone Indonesia melalui merek AQUA dan SGM Eksplor merupakan bukti komitmen Danone Indonesia untuk senantiasa menyajikan produk Halal dan berkualitas bagi konsumen.
Penghargaan ini menjadi suatu bukti bahwa produk perseroan menjadi top of mind produk halal di benak konsumen.
"Salah satu cara kami mewujudkan hal ini adalah dengan mengimplementasikan sistem jaminan halal pada keseluruhan aktivitas rantai produksi kami; mulai dari pengembangan produk, pemilihan material halal, proses produksi, integrasi persyaratan halal ke sistem pemastian mutu, penyimpanan bahan & produk, dan distribusi produk jadi. Kami juga selalu menerapkan standar tinggi kualitas produk dan keamanan pangan di seluruh fasilitas produksi.”
Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika menyatakan Top Halal Award ini merupakan kegiatan yang sudah dilakukan untuk kedua kalinya dan akan terus diselenggarakan setiap tahunnya. Pada tahun ini kegiatan yang mengusung tema ”Kesiapan Industri Halal Memasuki Pasar Global” diikuti oleh 500 merek yang berkompetisi untuk menyandang Top Halal Award 2023.
Untuk menentukan pemenangnya, Top Halal Index dibangun oleh dua elemen besar, yaitu elemen merek dan elemen halal. Ada 3 parameter yang membentuk elemen merek, yaitu Top of Mind Halal Brand Awareness, Last Usage Brand Halal dan Future Intention Brand Halal. Sedangkan elemen halal dibentuk oleh 4 parameter yaitu persepsi terhadap komunikasi kehalalan produk, persepsi kehalalan terhadap bahan baku, persepsi kehalalan terhadap proses produksi dan persepsi kehalalan pada kemasan produk.
“Kami berharap bahwa para penyandang gelar Top Halal Award 2023 dapat juga terus tumbuh dan memenangkan pasar, “ ujar Evrin.