Senin 23 Oct 2023 07:11 WIB

Festival Budaya Lereng Merapi Didorong Akselerasi Event Pariwisata dan UMKM

Target pengunjung wisata di Kabupaten Sleman sebesar 7 juta pengunjung/.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka kegiatan Festival Budaya Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun yang ke-77, di Kampung Mahoni, Hargobinangun, Sleman, Ahad (22/10/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka kegiatan Festival Budaya Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun yang ke-77, di Kampung Mahoni, Hargobinangun, Sleman, Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka kegiatan Festival Budaya Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun yang ke-77, di Kampung Mahoni, Hargobinangun, Sleman, Ahad (22/10/2023). Danang Maharsa mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. 

Menurutnya penyelenggaraan kegiatan yang dipadukan dengan pariwisata di Sleman menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung wisata di Sleman. Danang  menyampaikan bahwa pendapatan daerah dari sektor pariwisata telah mencapai kurang lebih 246 miliar rupiah pada bulan Oktober 2023 dan sektor pariwisata di Sleman juga merupakan sektor penggerak pendapatan UMKM. 

Baca Juga

"Para pengelola pariwisata dan penyelenggara event ini sangat kreatif dan kita dorong untuk bisa memadukan dengan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar", kata Danang dalam keterangannya.

Danang juga menyampaikan, target pengunjung wisata di Kabupaten Sleman sebesar 7 juta pengunjung pada tahun 2023. Ia optimistis target tersebut dapat tercapai.

"Target kita 7 Juta pengunjung wisata yang masuk di Kabupaten Sleman, sampai bulan Oktober ini sudah mencapai kurang lebih 5,6 juta hampir 76 persen dari target," ucapnya.

Danang Maharsa mengajak kepada semua elemen untuk ikut serta memajukan pariwisata agar pengunjungnya semakin banyak di Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Lurah Hargobinangun Amin Sarjito mengatakan bahwa peringatan hari jadi Kalurahan Hargobinangun yang ke-77 menjadi momentum yang sangat spesial dikarenakan diselenggarakan semeriah mungkin setelah pandemi Covid-19 kemarin.

"Kita sudah dua tahun tidak menyelenggarakan kegiatan hari jadi semeriah ini sebelumnya, dan hari ini sungguh luar biasa. Antusiasme masyarakat terlihat yang hadir disini telah tercatat 7.000 lebih dari pagi tadi", ungkap Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement