Selasa 24 Oct 2023 05:52 WIB

Arteta Dukung Kiper David Raya Setelah Hujan Kritik Akibat Blunder

Arsenal akan bertandang Sevilla dalam laga lanjutan Liga Champions.

Red: Israr Itah
Kiper Arsenal David Raya yang jadi sorotan karena membuat blunder saat lawan Chelsea.
Foto: EPA-EFE/DANIEL HAMBURY
Kiper Arsenal David Raya yang jadi sorotan karena membuat blunder saat lawan Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta membela kiper yang sedang dalam performa buruk, David Raya, menjelang pertandingan timnya kontra Sevilla di Liga Champions. Pelatih asal Spanyol ini telah memilih rekan senegaranya di bawah mistar gawang selama beberapa pekan terakhir dengan mencadangkan Aaron Ramsdale, yang membuat sejumlah fans Arsenal kecewa.

Raya terperangkap oleh umpan silang melingkar dari Mykhailo Mudryk yang masuk ke dalam gawangnya saat hasil imbang 2-2 di Liga Primer Inggris melawan Chelsea akhir pekan lalu. Ia kemudian melakukan kesalahan lain yang dapat dimanfaatkan oleh The Blues sehingga Arsenal hanya bisa meraih hasil imbang.

Baca Juga

"Kesalahan adalah bagian dari sepak bola. Kesalahan bisa terjadi dari para pemain bertahan, penyerang dan penjaga gawang," ujar Arteta dalam konferensi pers di Sevilla, Senin (23/10/2023).

Sang pelatih tidak berpikir Raya menderita dalam sorotan, dengan beberapa penggemar Arsenal meneriakkan nama Ramsdale selama hasil imbang yang membuat Manchester City menyamakan poin dengan the Gunners di puncak klasemen Liga Primer Inggris kala itu. Saat ini klasemen sudah kembali dikuasai Tottenham Hotspur usai mengalahkan Fulham 2-0.

"Saya tidak melihat itu (dia menderita), saya tidak melihat itu sama sekali," kata Arteta, yang sebelumnya menyarankan dia mungkin akan merotasi dua kiper tetapi hanya menggunakan Raya sejak memberikannya debut pada bulan September.

"Itulah tekanan bermain untuk klub-klub besar di mana Anda harus menang dan Anda harus berada dalam kondisi terbaik dan ada seseorang di samping Anda yang mendorong Anda setiap hari. Itulah perdebatan dan keindahan dari permainan ini juga dan fakta bahwa Anda memiliki pilihan lain akan membuat semua pembicaraan itu menjadi lebih sering terjadi."

Arteta mengonfirmasi bahwa Ramsdale telah tersedia dan masuk dalam skuad untuk menghadapi Sevilla setelah ia absen dalam laga kontra Chelsea karena kelahiran putranya. Setelah kekalahan 2-1 yang mengecewakan di Lens, Arsenal yang berada di peringkat kedua berusaha untuk kembali ke jalur yang benar di Grup B dalam laga yang akan berlangsung Rabu (25/10/2023) dini hari WIB.

Sevilla telah membuktikan kekuatannya di kandang sendiri dalam kompetisi Eropa, mengalahkan Manchester United dan Juventus di Ramon Sanchez-Pizjuan dalam perjalanan mereka menuju gelar ketujuh di Liga Eropa yang memecahkan rekor musim lalu.

Gelandang Arsenal, Jorginho, mengatakan bahwa the GUnners harus menjaga emosi mereka pada malam yang akan menjadi berapi-api. "Pastinya mereka akan siap menghadapi kami, dan atmosfer di sini akan sangat panas," ujar pemain timnas Italia itu kepada wartawan.

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang hebat dan ujian yang bagus untuk kami juga, tentang pengendalian emosi."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement