Selasa 24 Oct 2023 14:41 WIB

Kasus Keracunan di Indonesia Capai 4.000-an Hingga Oktober, Naik 1.000 Kasus dari 2022

Kasus keracunan pangan tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Barat.

Red: Qommarria Rostanti
Keracunan (ilustrasi). Kementerian Kesehatan menyampaikan 4.000-an kasus keracunan terjadi di Indonesia hingga Oktober 2023.
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Keracunan (ilustrasi). Kementerian Kesehatan menyampaikan 4.000-an kasus keracunan terjadi di Indonesia hingga Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan ada 4.792 kasus keracunan pangan hingga 16 Oktober 2023. Dari jumlah tersebut, total kasus luar biasa keracunan pangan (KLB KP) sebanyak 96 kasus.

Ketua Tim Kerja Penyehatan Pangan Direktorat Penyehatan Lingkungan Kemenkes Cucu Cakrawati Kosim mengatakan jumlah tersebut meningkat lebih dari 1.000 kasus dibandingkan dengan pada 2022 yang hanya memiliki 3.514 kasus. "Bila dibandingkan dengan 2022 ini sudah melebihi satu tahun yang lalu, tapi saat ini baru sampai Oktober, jumlah kasusnya sudah melebihi di tahun 2022," katanya dalam acara Sosialisasi Jejaring Laboratorium Pangan yang disiarkan secara daring di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Dia mengatakan kasus keracunan pangan tertinggi di Provinsi Jawa Barat dengan total kasus mencapai 1.679, diikuti Jawa Tengah sebanyak 1.082 kasus, dan Jawa Timur 701 kasus. Untuk KLB KP tertinggi di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dan Jawa Barat yang sama-sama memiliki kasus luar biasa sebanyak 19 kasus.

Kasus keracunan akibat pangan ini telah merenggut nyawa 15 orang atau berdasarkan statistik angka kematian (case fatality rate) yakni 0,31 persen. Ia mengatakan sumber utama penyebab keracunan massal adalah masakan rumah tangga yang menyumbang total keseluruhan kasus luar biasa sebanyak 53 persen.

Ia menjelaskan alasan masakan rumah tangga menjadi penyebab keracunan karena kurangnya perhatian sanitasi saat memasak pada acara kemasyarakatan. "Masakan rumah tangga menjadi sumber KLB KP yang relatif besar, seperti diketahui sifat gotong royong di Indonesia ini cukup tinggi, ketika ada saudara hajatan, maka mereka dengan sukarela bergotong royong untuk ikut memasak. Nah ini menjadi salah satu sumber KLB KP ini banyak di masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement