Selasa 24 Oct 2023 22:31 WIB

MES Edukasi Warga Kotawaringin Timur Investasi di Pasar Modal Syariah

Melalui pasar modal syariah, masyarakat jangan sampai tertipu investasi bodong.

Red: Fuji Pratiwi
Karyawan beraktivitas di dekat layar yang menampilkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (24/8/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Karyawan beraktivitas di dekat layar yang menampilkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KOTAWARINGIN TIMUR -- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengedukasi dan mengajak warga masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, untuk berinvestasi di pasar modal syariah.

"Pasar modal syariah ini terbilang baru di Kotawaringin Timur sehingga dengan adanya edukasi ini masyarakat diharapkan lebih memahami ini. Kami juga berharap akan tumbuh minat investor baru di Kotawaringin Timur untuk bergerak di pasar modal syariah," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) MES Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman di Sampit, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Fajrurrahman usai pembukaan Lokakarya Pasar Modal Syariah Kotawaringin Timur dengan tema Sadar Investasi, Kembangkan Aset Bisnis Masa Depan. Kegiatan dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur.

Ini merupakan kegiatan perdana di Kotawaringin Timur dan langsung disambut antusias masyarakat. Peserta yang awalnya hanya ditargetkan 70 orang, namun ternyata pendaftar mencapai 150 orang.

Panitia akhirnya membatasi peserta hanya 130 orang karena menyesuaikan kapasitas tempat acara. Peserta berasal dari berbagai kalangan, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Fajrurrahman yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur ini menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bursa syariah.

"Kami berharap masyarakat berinvestasi di bursa atau pasar modal syariah dan jangan sampai tertipu oleh investasi bodong. Khusus MES Kotawaringin Timur sudah berinvestasi sekitar Rp10 juta," ujar Fajrurrahman.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَلَكُمْ نِصْفُ مَا تَرَكَ اَزْوَاجُكُمْ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهُنَّ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَ لَهُنَّ وَلَدٌ فَلَكُمُ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْنَ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصِيْنَ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ وَلَهُنَّ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْتُمْ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّكُمْ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَ لَكُمْ وَلَدٌ فَلَهُنَّ الثُّمُنُ مِمَّا تَرَكْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ تُوْصُوْنَ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ وَاِنْ كَانَ رَجُلٌ يُّوْرَثُ كَلٰلَةً اَوِ امْرَاَةٌ وَّلَهٗٓ اَخٌ اَوْ اُخْتٌ فَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُۚ فَاِنْ كَانُوْٓا اَكْثَرَ مِنْ ذٰلِكَ فَهُمْ شُرَكَاۤءُ فِى الثُّلُثِ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصٰى بِهَآ اَوْ دَيْنٍۙ غَيْرَ مُضَاۤرٍّ ۚ وَصِيَّةً مِّنَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَلِيْمٌۗ
Dan bagianmu (suami-suami) adalah seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istrimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika mereka (istri-istrimu) itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya setelah (dipenuhi) wasiat yang mereka buat atau (dan setelah dibayar) utangnya. Para istri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para istri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan (setelah dipenuhi) wasiat yang kamu buat atau (dan setelah dibayar) utang-utangmu. Jika seseorang meninggal, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu) atau seorang saudara perempuan (seibu), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersama-sama dalam bagian yang sepertiga itu, setelah (dipenuhi wasiat) yang dibuatnya atau (dan setelah dibayar) utangnya dengan tidak menyusahkan (kepada ahli waris). Demikianlah ketentuan Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun.

(QS. An-Nisa' ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement