Rabu 25 Oct 2023 14:05 WIB

Aher Optimistis Pasangan Amin Raih Suara 50 Persen di Jawa Barat

Eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yakin Amin rebut suara 50 persen di Jawa Barat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Ahmad Heryawan. Eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yakin Amin rebut suara 50 persen di Jawa Barat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ahmad Heryawan. Eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yakin Amin rebut suara 50 persen di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mantan gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, optimistis pasangan calon presiden (capres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) meraih suara banyak di tanah Pasundan pada Pilpres 2024.

Menurut Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher, sebagai kader PKS yang kini mendukung pasangan AMIN bersama dengan PKB dan Partai Ummat, ia yakin akan mendapatkan suara banyak di Jawa Barat. Sebab, PKS selalu mendapatkan suara banyak di provinsi ini. 

Baca Juga

"Kami punya pengalaman menang, insya Allah pasangan yang didukung koalisi PKS berada di Jawa Barat harus menang," ujar Aher. 

Selain itu, kata Aher, dirinya juga secara otomatis kini menjadi tim pemenangan pasangan AMIN. Hal itu dikarenakan dirinya maju sebagai caleg DPR RI di Dapil II Jawa Barat. Aher memastikan siap memenangkan pasangan Amin di Jabar. 

"Saya sebagai caleg di Dapil II, untuk pusat pada saat yang sama jadi timses. Nanti, apakah saya disuruh memimpin lagi seperti 2014, 2019 atau tidak, itu tentu menunggu perkembangan berikutnya," katanya. 

Namun, menurut Aher, saat ini kondisinya berbeda dengan tahun Pilpres periode sebelumnya. Karena, calon presiden ada tiga pasangan, sedangkan periode lalu hanya ada dua pasangan. Namun, dia menargetkan pasangan AMIN dapat suara banyak. 

"Situasi berbeda, kalau dulu menang 60 persen, dua pasang waktu itu. Mungkin sekarang tiga pasang, di 50 persen sudah sangat bagus. 50 persen kemenangan AMIN di Jawa Barat, sudah paling tinggi," katanya. 

Aher mengatakan, ada beberapa strategi untuk memenangkan pasangan AMIN di Jawa Barat. Salah satunya, tidak pilih kasih dalam terjun langsung ke masyarakat. Aher juga nantinya akan turut membantu menyosialisasikan pasangan AMIN di dapilnya. 

"Nanti saya akan jadi bagian itu, akan mengajak semua anggota timses partai koalisi bekerja sama. Dalam dua situasi, caleg harus menyukseskan dirinya dan pasangan AMIN," ujarnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani Heryawan, mengatakan, dirinya juga akan memaksimalkan mendongkrak suara AMIN di Jawa Barat. Salah satu yang diincar yaitu suara kelompok perempuan. 

"Kami berharap kemampuan timses, tim pemenangan, caleg bisa menyampaikan gagasan yang diusung pasangan AMIN, Indonesia adil, makmur untuk semua," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement