Kamis 26 Oct 2023 08:48 WIB

Sungai di Yogyakarta Penuh Sampah, Kondisi Sungai Code Terparah

Tumpukan sampah di sungai-sungai ini menjadi keprihatinan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Warga beraktivitas di tepian Sungai Code, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga beraktivitas di tepian Sungai Code, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sungai-sungai yang ada di Kota Yogyakarta dipenuhi sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta menyebut Sungai Code menjadi salah satu sungai dengan kondisi tumpukan sampah terparah.

Sungai-sungai lainnya yang turut menjadi lahan buangan sampah terparah oleh warga yakni Sungai Winongo, Sungai Gajah Wong, serta sungai kecil yakni Sungai Manunggal.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Kota Yogyakarta, Very Tri Jatmiko menyebut, tumpukan sampah di sungai-sungai ini menjadi keprihatinan. Perilaku masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai ini juga perlu dihentikan.

"Banyaknya sampah ini (di sungai) memang menjadi perhatian," kata Very. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Pihaknya juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan. "Edukasi dan sosialisasi kita gencarkan," ungkapnya.

Meski begitu, Very berharap agar masyarakat turut berpartisipasi dalam menangani permasalahan sampah di Yogyakarta. Termasuk sampah-sampah yang menumpuk di sungai.

Ia berharap masyarakat peduli dengan lingkungan sungai, dan tertib membuang sampah ke tempatnya seperti di depo-depo atau TPS agar tidak mencemari sungai. Pihaknya akan memasang jaring di sungai untuk mengantisipasi warga yang membuang sampahnya ke sungai.

Selain itu, secara swadaya, masyarakat juga sudah memasang CCTV untuk mencegah warga lain membuang sampah ke sungai. "Saya berharap masyarakat lebih peduli lagi untuk tidak membuang sampah di sungai," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement