Kamis 26 Oct 2023 11:39 WIB

Polda Metro dan Bareskrim Konsolidasikan Hasil Pemeriksaan Firli

Polda Metro dan Bareskrim Polri mengkonsolidasikan hasil pemeriksaan Firli Bahuri.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak (tengah). Polda Metro dan Bareskrim Polri mengkonsolidasikan hasil pemeriksaan Firli Bahuri.
Foto: Republika/ ALI MANSUR
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak (tengah). Polda Metro dan Bareskrim Polri mengkonsolidasikan hasil pemeriksaan Firli Bahuri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri tengah mengkonsolidasikan hasil pemeriksaan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Konsolidasi tersebut dilakukan untuk menentukan langkah penyidik selanjutnya.

“Saat ini dari hasil pemeriksaan nanti akan kita lakukan konsolidasi untuk kemudian menentukan langkah penyidikan lanjutan setelah pemeriksaan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Ade Safri Simanjuntak.

Baca Juga

Firli diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hingga saat ini sudah ada 54 saksi sudah diperiksa untuk dimintai keterangan terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK itu dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Termasuk Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo.

Lanjut Ade Safri, dari hasil konsolidasi tersebut  dapat diketahui apakah pihak penyidik perlu melakukan pemeriksaan tambahan terhadap Firli Bahuri atau sudah cukup. Kemudian jika memang penyidik perlu meminta keterangan tambahan maka akan dijadwalkan pemeriksaan ulang kepada yang bersangkutan.