Kamis 26 Oct 2023 12:57 WIB

Ahli Geologi Israel Ungkap Rumitnya Terowongan Hamas di Gaza

Pada 2014 Israel menggelar Operasi Protective Edge untuk hancurkan terowongan Hamas.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Terowongan bawah tanah Gaza-Israel
Foto: AP
Terowongan bawah tanah Gaza-Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Serangan mengejutkan kelompok perlawanan Palestina, Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel menunjukkan bahwa Hamas telah meningkatkan dan memperkuat kemampuan teror taktis serta strategisnya secara signifikan. Terowongan Hamas memainkan peran penting dalam perkembangan strategi perang mereka.

Ahli geomorfologi dan geologi di Departemen Geografi dan Lingkungan Universitas Bar-Ilan, Profesor Joel Roskin telah mengikuti perubahan di terowongan Gaza selama bertahun-tahun. Roskin menganalisis kondisi yang memungkinkan pembentukan dan perluasan terowongan tersebut, serta mengungkapkan kondisi geologi dan keamanan terowongan tersebut. 

Baca Juga

Tiga tahun lalu, Roskin menerbitkan sebuah bab buku berdasarkan studinya “Perang Bawah Tanah di Jalur Gaza dan Kompleksitas Militer dalam Memeranginya.”  Sebuah artikel tentang topik yang sama dan nama yang sama saat ini sedang dalam tahap akhir penerimaan oleh jurnal akademik Studies in Conflict and Terrorism.

Artikel tersebut ditulis berdasarkan pengalaman Roskin sebagai kepala Departemen Penelitian Medan di Komando Selatan pada tahun 2000-an dan informasi yang dipublikasikan di media. Artikel itu menjelaskan data lapangan dan kondisi geopolitik yang secara harfiah memberikan lahan subur bagi pengembangan terowongan.