Kamis 26 Oct 2023 22:56 WIB

Jika Ada Gejala Cacar Monyet, Warga Bandung Diminta Segera ke RS

Dinkes Kota Bandung mewaspadai potensi penyebaran cacar monyet.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Cacar monyet (monkeypox).
Foto: Republika
(ILUSTRASI) Cacar monyet (monkeypox).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Warga Kota Bandung, Jawa Barat, diminta mewaspadai penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox). Jika mengalami gejala seperti terkena cacar monyet, warga diminta segera memeriksakan diri ke rumah sakit (RS). 

Sejumlah kasus positif cacar monyet dilaporkan di DKI Jakarta. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, hingga Kamis (26/10/2023), belum ada laporan kasus cacar monyet di Kota Bandung. Namun, kata dia, karena mobilitas warga Jakarta-Bandung relatif mudah, mesti tetap diwaspadai potensi penyebaran penyakit itu.

Baca Juga

“Di Bandung, alhamdulillah, sampai saat ini belum ada satu pun kasus yang teridentifikasi. Kalau potensi penyebaran ke Kota Bandung, tentu saja tetap ada. Apalagi sarana transportasi Jakarta-Bandung kan sekarang sangat mudah,” kata Anhar, Kamis.

Anhar mengatakan, virus cacar monyet ini dapat menular melalui kontak fisik. Ia menjelaskan, gejala awal infeksi virus tersebut, antara lain rasa pegal-pegal, demam, disertai munculnya benjolan merah seperti penyakit cacar air. “Itu biasanya penyebarannya relatif cepat. Tapi, sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh,” kata dia.

Warga yang mengalami gejala seperti terpapar cacar monyet diminta segera memeriksakan diri, sehingga dapat lekas ditangani.

“Apabila ada penderita dengan gejala mirip monkeypox, segera laporkan kepada kami dan periksakan ke rumah sakit. Karena, meskipun case fatality rate, angka kematiannya rendah, tapi ini penyakit baru yang kita harus antisipasi sebaik mungkin,” kata Anhar.   

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement