Jumat 27 Oct 2023 13:34 WIB

Dokter Bagikan Tips Duduk yang Aman untuk Kesehatan

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membenarkan kebiasaan duduk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Posisi duduk yang salah (ilustrasi). Bahaya kesehatan yang bisa didapat dari duduk bisa dihindari dengan memperbaiki kebiasaan Anda selama duduk.
Foto: www.freepik.com
Posisi duduk yang salah (ilustrasi). Bahaya kesehatan yang bisa didapat dari duduk bisa dihindari dengan memperbaiki kebiasaan Anda selama duduk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahaya kesehatan yang bisa didapat dari duduk bisa dihindari dengan memperbaiki kebiasaan Anda selama duduk. Dengan posisi duduk yang benar, Anda bisa menghindari risiko Anda untuk mengalami gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi dari memburuknya postur tubuh.

Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membenarkan kebiasaan duduk yaitu:

Baca Juga

1. Atur pandangan saat duduk

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD dan Pekanbaru, dr Syafrudin, SpOT (K) Spine mengatakan arah pandangan Anda pada saat duduk dapat memengaruhi postur tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan mengikuti arah pandangan pada saat Anda bekerja. 

"Jika Anda terbiasa bekerja dengan posisi menghadap miring, ini akan membuat postur tubuh Anda juga ikut miring dan dapat merusak postur tubuh Anda," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/10/2023).

Posisikan media kerja Anda lurus berhadapan dengan tubuh Anda, atur jarak layar jika Anda menggunakan komputer sebanyak 45-70 cm untuk mengurangi risiko untuk tubuh menjadi bungkuk. Pastikan posisi tubuh Anda tegak 90 derajat pada saat duduk.

2. Gunakan kursi yang tepat

Penggunaan kursi juga dapat menentukan postur tubuh Anda. Hindari penggunaan kursi plastik tanpa sandaran atau kursi kayu saat bekerja, karena desainnya yang tidak cocok untuk digunakan saat bekerja.

Sebaiknya gunakan kursi ergonomis yang memang dirancang untuk melakukan pekerjaan saat duduk. Selain didesain untuk menentukan postur tubuh tetap baik, kursi tersebut juga dilengkapi dengan penyandang punggung serta leher yang dapat meningkatkan kenyamanan Anda.

3. Jangan duduk terlalu lama

Hindari duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk lama terjadi ketika Anda sudah terlalu sering melakukan pekerjaan selama berjam-jam, padahal kebiasaan tersebut merupakan hal yang tidak baik untuk Anda anggap normal.

Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan setiap 2 jam sekali. Anda bisa menyelingkan waktu untuk berjalan beberapa menit atau melakukan stretching di kursi, saat otot terasa pegal selama duduk.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement