Sabtu 28 Oct 2023 21:07 WIB

Persib Tutup Putaran Pertama Liga 1 dengan Kemenangan 4-1 Atas PSS Sleman

Tambahan tiga poin membawa Persib naik ke peringkat kedua dengan mengemas 31 poin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dan striker Persib David Da Silva (kanan).
Foto: Dok. Persib Official
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dan striker Persib David Da Silva (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung menunjukkan dominasi saat menjamu PSS Sleman pada pekan ke-17 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (28/10/2023) malam WIB. Persib yang diarsiteki Bojan Hodak menutup putaran pertama dengan kemenangan 4-1 atas PSS Sleman.

Tambahan tiga poin membawa Persib naik ke peringkat kedua dengan perolehan 31 poin. Pada laga ini, Persib memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Percobaan pertama dilakukan Levy Madinda namun masih terlalu jauh dari sasaran.

Baca Juga

Dengan cepat Ciro Alves membawa Persib unggul di menit kedua, setelah ia menusuk dari sisi kiri serangan menerobos masuk ke kotak penalti PSS. Ia pun melepaskan tembakan yang membentur pemain belakang PSS, dan berbelok ke gawang. Skor 1-0 untuk Persib.

Persib menggempur pertahanan PSS di lima belas menit pertama. Peluang dari Rezaldi di menit ke-13 berhasil ditinju oleh kiper M Ridwan. Lima menit berselang, peluang lainnya lainnya dari tandukan Ciro masih meleset dari sasaran.

Di menit ke-21, David da Silva menggandakan keunggulan Persib. Ia berhasil memaksimalkan umpan dari Ciro Alves dengan sedikit sentuhan ke tiang jauh. Ini menjadi gol ke-11 bagi David di musim ini. Skor 2-0 untuk Persib.

PSS memperkecil ketertinggalan di menit ke-36. Kim menerima umpan terobosan sempurna melewati pemain belakang Persib. Ia langsung mengeksekusi bola ke gawang melewati Teja. Skor 1-2 PSS Sleman masih tertinggal hingga babak pertama selesai.

Di menit-menit awal babak kedua, PSS Sleman mampu menahan bola lebih lama. PSS menjaga ritme permainan sambil mencari ruang untuk menerobos pertahanan Persib Bandung saat tim tuan rumah tampak menurunkan tempo.

Peluang dimiliki Persib saat Ciro melanjutkan operan dari Rezaldi ke sisi kiri serangan dengan umpan ke tengah, tapi berhasil diamankan Ridwan. Di sisi lain, Ayoub berhasil menceploskan bola ke gawang Persib tapi ia sudah dalam posisi offside.

Di menit ke-57, Frets Butuan hampir memperlebar kedudukan Persib saat ia memberikan penetrasi ke kotak penalti menghadapi tiga pemain belakang PSS. Namun penyelesaian akhir dari Frets masih meleset tipis di atas mistar gawang.

Frets akhirnya mencetak gol atas namanya di menit ke-70. Itu tercipta berkat penetrasi yang dilakukan David da Silva ke kotak penalti PSS. Ia kemudian melepaskan umpan kepada Frets yang berhasil diselesaikan dengan baik. Skor 3-1 untuk Persib.

Lima menit berselang, Teja melakukan penyelamatan penting dari percobaan tembakan Bustos ke gawang dadi luar kotak penalti. Bola yang berubah arah karena membentur kaki bek berhasil ditepis oleh Teja.

Di menit ke-76 Ridwan gagal menyapu bola dengan sempurna yang justru mengarah lebih dekat kepada David yang langsung melepaskan umpan tarik ke tengah dan berhasil dimaksimalkan dengan baik oleh Beckham Putra ke gawang untuk mengubah kedudukan menjadi 4-1 untuk Persib.

Daftar Susunan Pemain Kedua Tim:

Persib Bandung: Teja Paku Alam, Putu Gede Juni Antara, Alberto Rodriguez, Kakang Rudianto, Rezaldi Hehanussa, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Levy Madinda, Ciro Alves, Frets Butuan dan David Da Silva.

Cadangan: Putra Sevha, Robi Darwis, Beckham Putra Nugraha, Ezra Walian, Ferdiansyah, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Arsan Makarin, Ryan Kurnia, dan Edo Febriansyah.

Pelatih: Bojan Hodak

PSS Sleman: M. Ridwan, Nur Diansyah, Thales Lira, Jihad Ayoub, Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Jonathan Bustos, Wahyudi Hamisi, Bayu Setiawan, Hokky Caraka, M. Abduh Lestaluhu.

Cadangan: Dimas Fani, Kei Sano, Ricky Cawor, Riki Dwi Saputro, Ibrahim Sanjaya, Irkham Zahrul Mila, Arlan Agma, Todd Ferre, dan Leonard Tupamahu

Pelatih: Bertrand Crasson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement