Sabtu 28 Oct 2023 22:38 WIB

Taklukkan Dewa United 3-1, Borneo FC Juara Paruh Musim Liga 1

Stefano Lilipaly mencetak hattrick untuk Borneo FC pada laga tersebut.

Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pesepak bola Borneo FC merayakan gol kemenangan/ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Sejumlah pesepak bola Borneo FC merayakan gol kemenangan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  SAMARINDA -- Borneo FC membukukan kemenangan dengan skor 3-1 saat menjamu Dewa United pada lanjutan kompetisi Liga 1 2023/2024 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (28/10/2023). Pada pertandingan itu, Stefano Lilipaly menjadi pahlawan kemenangan skuad berjuluk Pesut Etam dengan menciptakan hattrick atau mencetak tiga gol.

Gol kemenangan itu terlahir melalui eksekusi penalti pada menit ke-24 dan dua gol lainnya dicetak oleh Lilipaly pada menit ke-67 dan menit ke-75. Sementara Dewa United mampu memperkecil ketertinggalan menjelang injury time atau menit ke-91 melalui aksi Bagaskara.

Baca Juga

Pertandingan Borneo FC menjamu Dewa United berlangsung cukup alot sejak memasuki babak pertama. Kedua tim menampilkan permainan keras dan berusaha untuk menciptakan peluang mencetak gol. Penyerang Dewa United Dimitris Kolovos hampir membuat tim lawan unggul, namun tendangannya hanya membentur tiang gawang pada menit ke-13.

Memasuki menit ke-24, pemain Borneo FC M Sihran dijatuhkan di kotak enam dan memaksa wasit Rio Permana Putra memberikan hadiah penalti yang dieksekusi sempurna oleh Stefano Lilipaly.

Borneo FC hampir menambah keunggulan pada menit ke-40 saat M Sihran memiliki ruang tembak di dekat kotak enam belas, namun tendangan kerasnya masih bisa diblok oleh para pemain belakang Dewa United.

Memasuki babak kedua skuad besutan Pieter Hustra tampil lebih percaya diri dengan menurunkan tempo serangan.

Strategi serangan balik Borneo FC membuahkan hasil saat Adam Alis mampu mengirimkan umpan jauh kepada Stefano Lilipaly yang sudah mendekati penjaga gawang Sonny Steven. Dengan kecepatannya Lilipaly berhasil mengecoh Steven untuk kedua kalinya.

Pada menit ke-75, Lilipaly berhasil mencetak hattrck perdananya pada musim ini, setelah mencetak gol ketiganya melalui aksi sundulan kepala.

Skuad besutan Jan Olde Riekerink akhirnya mampu memperkecil papan skor menjadi 3-1 melalui Bagaskara beberapa saat sebelum pertandingan berakhir.

Hasil positif pertandingan pada pekan ke-17 atau pertandingan terakhir putaran pertama Liga 1 tersebut menjadikan skuad berjuluk Pesut Etam kokoh di puncak klasemen atau menjadi juara paruh musim Liga 1 2023/2024.

Klub yang bermarkas di Kota Samarinda itu mengantongi 35 poin dan tidak terkejar oleh pesaing utamanya Persib Bandung dan Madura United yang punya peluang untuk mendongkel posisi Borneo FC menjadi pimpinan klasemen putaran pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement