Ahad 29 Oct 2023 21:38 WIB

Bekap Persija Jakarta, PSIS Semarang Lanjutkan Tren Kemenangan

PSIS Semarang mencetak dua gol dalam rentang waktu 10 menit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Manuel Dos Santos Fortes.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Manuel Dos Santos Fortes.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PSIS Semarang berhasil memetik tiga poin pada laga terakhir putaran pertama Liga 1, Ahad (29/10/2023) malam WIB. Menjamu Persija Jakarta di Stadion Jatidiri, Semarang, tim besutan Gilbert Agius mampu menutup laga dengan keunggulan, 2-1.

PSIS Semarang mencetak dua gol dalam rentang waktu 10 menit, tepatnya pada menit ke-16 dan menit ke-26. Gol Carlos Fortes melengkapi gol Lucao Moriera. Satu-satunya gol balasan Persija Jakarta dicetak oleh Ryo Matsumura pada menit ke-32. Hingga akhir laga, PSIS Semarang mampu menjaga keunggulan ini.

Baca Juga

Dengan tambahan tiga poin di laga pada pekan ke-17 Liga 1 tersebut, PSIS Semarang berhasil naik satu peringkat ke posisi keempat klasemen sementara. Laskar Mahesa Jenar mengumpulkan 30 poin, terpaut lima poin dari pemuncak klasemen sementara, Borneo FC, dan satu poin dari Madura United, yang duduk di peringkat ketiga.

Tidak hanya itu, PSIS Semarang juga melanjutkan tren positif raihan hasil setelah membungkam Persikabo 1973 di laga terakhir. Sebaliknya, Persija Jakarta tidak mampu bangkit keterpurukan usai gagal memetik poin di laga ini.

Macan Kemayoran tercatat tidak pernah di lima laga terakhir dengan torehan dua kekalahan dan tiga hasil imbang. Persija Jakarta pun harus puas menutup putaran pertama Liga 1 musim ini di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan raihan 20 poin dari 17 pertandingan.

 

Jalannya Laga

Tim tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-16. Adalah Lucao Moriera yang mampu merobek gawang tim tamu via eksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti. Bola hasil sepakan Moriera itu sempat membentur pagar betis, yang dibangun para pemain Persija Jakarta.

Akibat benturan tersebut, laju bola berubah arah dan membuat kiper Persija Jakarta, Andritany Ardiyansa, mati langkah. Laskar Mahesa Jenar kembali menggandakan keunggulan pada menit ke-26. Kali ini, giliran Carlos Fortes yang mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Taisei Marukawa.

Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta, bukan tanpa perlawanan. Berbagai upaya serangan tim besutan Thomas Doll itu berbuah maksimal pada menit ke-32. Gol balasan tim tamu hadir via aksi Ryo Matsumura. 

Setelah melakukan operan satu dua dengan Maciej Gajos, Matsumura langsung merangsek ke dalam kotak penalti. Matsumura langsung menutup aksinya tersebut dengan menyambar bola di udara seraya menaklukan penjaga gawang PSIS Semarang, Adi Satryo. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir pada babak pertama.

Situasi permainan pada babak kedua tidak terlalu jauh berbeda pada babak pertama. Serangan-serangan yang dibangun PSIS Semarang tampak begitu berbahaya dan kerap mengancam gawang Persija Jakarta.

Di sisi lain, meski mampu mengalirkan bola ke lini pertahanan tim tuan rumah, para penggawa Macan Kemayoran tampak belum menemukan formula yang tepat untuk bisa benar-benar memberikan ancaman buat gawang Laskar Mahesa Jenar.

PSIS Semarang nyaris menggandakan keunggulan pada pertengahan babak kedua. Fortes mampu melepakasan sebuah tandukan keras dari dalam kotak penalti. Namun, peluang itu sukses digagalkan Andritany dengan sebuah penyelematan gemilang. Hingga laga berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

 

Susunan Pemain:

PSIS Semarang (4-4-2)

Satryo (PG); Sugiantoro, Prasetyo, Lucao Gama, Numberi; Gali, Diarra, Dewangga, Vitinho; Marukawa, Fortes

Pelatih: Gilbert Agius

 

 

Persija Jakarta (4-3-3)

Andritany (PG); Andhika, Abdurahma, Ferrari, Bias; Gajos, Arjunsyah, Abimanyu; Matusumura, Simic, Simanjuntak

Pelatih: Thomas Doll

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement