Senin 30 Oct 2023 15:29 WIB

Hamas Kunjungi Moskow, Kemenlu Israel Panggil Dubes Rusia

Delegasi Hamas mengunjungi Moskow dan bertemu dengan sejumlah pejabat Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Pejuang brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pejuang brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Israel telah memanggil duta besar Rusia untuk negara mereka, Anatoly Viktotov, Ahad (29/10/2023). Pemanggilan itu dilakukan setelah Rusia menerima kunjungan delegasi Hamas di negaranya.

“Wakil Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel Simona Halperin menjelaskan kepada duta besar bahwa Israel menganggap serius kurangnya kecaman Moskow yang jelas dan tegas terhadap organisasi teroris Hamas serta tindakan Rusia di organisasi internasional,” kata Kemenlu Israel dalam pernyataannya, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Delegasi Hamas mengunjungi Moskow dan bertemu dengan sejumlah pejabat Rusia pada Kamis (26/10/2023) pekan lalu. “Saya dapat memastikan bahwa perwakilan gerakan Palestina (Hamas) mengunjungi Moskow,” ujar Juru Bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharaova dalam pengarahan pers reguler pekan lalu, dikutip laman The Moscow Times.

Rusia tidak mengumumkan sebelumnya bahwa Hamas bakal berkunjung ke negara mereka dan melakukan pembicaraan. Menurut kantor berita Interfax, delegasi Hamas dipimpin oleh Moussa Abu Marzouk. Dia adalah anggota senior Hamas. Kemenlu Rusia mengonfirmasi laporan Interfax.