Selasa 31 Oct 2023 10:55 WIB

Inggris Akhirnya Ikut Upayakan Jeda Kemanusiaan di Gaza

Inggris mengatakan volume bantuan ke Gaza perlu ditingkatkan secara signifikan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Satellite image ©2023 Maxar Technologies via
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI --- Inggris akhirnya ikut berusaha untuk menghentikan sementara pertempuran di Jalur Gaza agar lebih banyak bantuan kemanusiaan dapat dikirimkan kepada warga Palestina yang terkepung. Demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Inggris pada Senin (30/10/2023).

Pasokan bantuan ke Gaza telah tersendat sejak Israel mulai membombardir daerah kantong Palestina yang padat penduduknya itu. Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan terus mengalir ke Gaza, tetapi volumenya perlu ditingkatkan secara signifikan.

Baca Juga

"Kami bekerja secara ekstensif dengan pihak Mesir, dengan pihak Israel, dan pihak lain untuk mencoba dan memiliki jeda kemanusiaan, jeda sementara sehingga kami dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut kepada orang-orang yang membutuhkannya," kata Cleverly kepada Reuters di kediaman Duta Besar Inggris di Abu Dhabi.

Namun, ia tidak menyerukan gencatan senjata secara terang-terangan dan menyeluruh dalam konflik tersebut.

Israel sejauh ini menolak seruan internasional, termasuk dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk menghentikan sementara pemboman Gaza yang telah menyebabkan satu juta orang mengungsi dan menewaskan lebih dari 8.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هُوَ الَّذِيْٓ اَخْرَجَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِاَوَّلِ الْحَشْرِۗ مَا ظَنَنْتُمْ اَنْ يَّخْرُجُوْا وَظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ مَّانِعَتُهُمْ حُصُوْنُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ فَاَتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوْا وَقَذَفَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُوْنَ بُيُوْتَهُمْ بِاَيْدِيْهِمْ وَاَيْدِى الْمُؤْمِنِيْنَۙ فَاعْتَبِرُوْا يٰٓاُولِى الْاَبْصَارِ
Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka; sehingga memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai pandangan!

(QS. Al-Hasyr ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement