Kamis 02 Nov 2023 12:10 WIB

Bagi Para Tamu MU, Stadion Old Trafford tak Lagi Angker, Kok Bisa?

Tim-tim yang bertandang ke MU mulai percaya diri untuk bisa memetik kemenangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Salah satu legenda Manchester United (MU), Andy Cole.
Foto: citra listya rini/ROL
Salah satu legenda Manchester United (MU), Andy Cole.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Keangkeran Stadion Old Trafford dinilai kian luntur. Sang empunya stadion, Manchester United (MU), kini sering memetik hasil minor saat melakoni laga kandang pada musim ini. Teranyar, Man United dibekap Newcastle United, 0-3, di laga pada putaran keempat Piala Liga Inggris, Kamis (2/10/2023) dini hari WIB.

Kekalahan ini memperpanjang luka Iblis Merah kala merumput di Stadion Old Trafford. Di tempat yang sama, tim besutan Erik ten Hag itu dibekap rival sekota, Manchester City, 0-3, di lanjutan Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Untuk kedua kalinya pada musim ini, Man United menelan kekalahan di dua laga kandang secara beruntun di semua ajang. Sebelumnya, Man United sempat dibekap Crystal Palace, 0-1, dan ditundukkan Galatasaray, 2-3. Total, Iblis Merah sudah mengemas lima kekalahan dari 10 laga kandang di semua ajang pada musim ini.

Catatan ini menjadi torehan penampilan kandang terburuk Man United pada awal musim sejak 1930 silam. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya sejak Oktober 1962, Man United kebobolan tiga gol di masing-masing laga dalam dua laga kandang secara beruntun di semua ajang.

Mantan penyerang Manchester United, Andy Cole, menilai, deretan torehan minor ini kian membuat Stadion Old Trafford mulai kehilangan efek gentar buat tim lawan. Tim-tim yang bertandang ke stadion berjuluk Theatre of Dreams itu mulai percaya diri untuk bisa memetik kemenangan di markas Iblis Merah.

''Tim-tim lain atau banyak pihak kini mulai berpikir memiliki peluang untuk bisa mengalahkan Man United di Old Trafford. Dengan performa yang ditunjukkan di laga itu (kontra Newcastle United), Anda tentu akan bertanya, 'Ada apa dengan tim itu','' ujar Cole seperti dikutip BBC, Kamis (2/11/2023).

Padahal, pada musim lalu, Man United mampu tampil begitu impresif kala merumput di Stadion Old Trafford. Bruno Fernandes dan kawan-kawan hanya menelan dua kekalahan di partai kandang pada sepanjang musim lalu, tepatnya saat menyerah di tangan Real Sociedad di pentas Liga Europa dan kala dibekap Brighton di partai pembuka Liga Primer Inggris.

Performa apik di laga kandang itu pun menjadi salah satu faktor utama kesuksesan Man United pada musim lalu. Selain berhasil menyabet titel Piala Liga Inggris, MU mampu finish di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Primer Inggris dan melaju ke partai final Piala FA pada musim lalu.

Namun, keperkasaan Man United di kandang itu seolah menguap pada musim ini. Cole menilai, apabila gagal membawa Man United bisa kembali ke trek kemenangan di laga-laga berikutnya, pelatih Erik ten Hag akan mulai kehilangan kepercayaan dari suporter.

Kendati begitu, Cole menyebut, tekanan tidak hanya ditujukan kepada pelatih asal Belanda itu, tapi juga untuk para penggawa Iblis Merah.

''Tentu ada pertanyaan kemampuan pelatih soal penampilan buruk Man United. Jika dia tidak bisa memberikan hasil memuaskan dalam beberapa laga mendatang, sikap fan terhadap dirinya akan berubah. Namun, para pemain juga harus kembali melihat diri mereka sendiri,'' kata salah satu penggawa MU kala merengkuh status treble winners 1988/1999 tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement