Kamis 02 Nov 2023 14:47 WIB

Bolehkah Anak-anak Konsumsi Minuman Berenergi? Ini Kata Pakar

Konsumsi minuman berenergi pada anak-anak akan menyebabkan sejumlah efek negatif.

Rep: Meiliza Laveda  / Red: Friska Yolandha
Minuman Berenergi. Pakar menyampaikan sejumlah masalah saat anak mengonsumsi minuman berenergi.
Foto: Drgangemi.com
Minuman Berenergi. Pakar menyampaikan sejumlah masalah saat anak mengonsumsi minuman berenergi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak jenis minuman yang orang tua perlu tahu sebelum memberikan untuk anak mereka. Salah satunya adalah minuman berenergi.

Prime Energy yang didirikan oleh YouTuber Logan Paul, mengandung 200 miligram kafein per kaleng dan populer di kalangan anak-anak. Pada bulan Juli, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menyelidiki Prime karena kandungan kafeinnya yang tinggi. 

Baca Juga

“Prime sangat baru sehingga sebagian besar orang tua tidak mengetahuinya, tetapi Prime lahir dari media sosial dan dunia influencer,” tulisnya.

Minuman energi lainnya seperti Reign (300 miligram kafein per kaleng) dan Ghost (200 miligram kafein) juga mendapat perhatian karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan label ramah anak. 

Bagaimana sikap yang harus diambil oleh orang tua? 

Panduan untuk kafein pada anak-anak dan orang dewasa berbeda. "Dokter anak menyarankan untuk anak di bawah 12 tahun tidak mengonsumsi kafein dan tidak menggunakan minuman energi untuk semua anak dan remaja,” kata dokter spesialis anak Dr. Tracy Zaslow.

Terlalu banyak kafein yang dikonsumsi dapat....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement