Kamis 02 Nov 2023 18:32 WIB

KPU: Isu Lingkungan Bakal Jadi Tema Debat Capres-Cawapres

KPU sebut isu lingkungan akan menjadi tema debat capres-cawapres Pilpres 2024.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Debat capres-cawapres (Ilustrasi). KPU sebut isu lingkungan akan menjadi tema debat capres-cawapres Pilpres 2024.
Foto: Dok Republika.co.id
Debat capres-cawapres (Ilustrasi). KPU sebut isu lingkungan akan menjadi tema debat capres-cawapres Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin menyatakan, isu lingkungan kemungkinan besar akan menjadi salah satu tema dalam debat kandidat capres dan cawapres Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Afif dalam seminar publik yang digelar CSIS di Jakarta, Kamis (2/11/2023). 

"Belum kita ambil keputusan, tapi 99,99 persen isu lingkungan hidup akan masuk menjadi salah satu isu yang diprioritaskan sebagai pokok bahasan dalam salah satu tema debat," kata Afif. 

Baca Juga

Dia menjelaskan, ketika nanti KPU telah menetapkan isu lingkungan sebagai salah satu tema debat, maka tim pakar akan merumuskan permasalahan-permasalahan seputar lingkungan hidup. Permasalahan tersebut bakal dilontarkan ketika debat agar para kandidat bisa menyampaikan gagasannya terkait lingkungan. 

Dalam kesempatan itu, Afif sekaligus membantah disinformasi yang tersebar di media sosial bahwa tidak ada debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Dia menegaskan, KPU pasti menggelar debat karena sudah diamanatkan oleh UU Pemilu.