Kamis 02 Nov 2023 21:41 WIB

Timnas Jepang U-17, Kuda Hitam yang Siap Guncang Piala Dunia U-17 2023

Skuad Jepang U-17 didominasi oleh para pemain muda dari klub-klub beken Jepang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Skuad Jepang U-17
Foto: dok JFA
Skuad Jepang U-17

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masuknya tim nasional Jepang U-17 ke dalam pot 1 dalam undian Piala Dunia U17 2023 menjadi bukti bahwa tim negeri Matahari Terbit ini dipandang sebagai salah satu kandidat kuat juara. Meskipun belum pernah merasakan berjaya di Piala Dunia U-17, Jepang layak berstatus sebagai kuda hitam dalam penyelenggaraan kali ini di mana Indonesia menjadi tuan rumah. 

Skuad polesan Yoshiro Moriyama berada di Grup D. Dalam kelompok tersebut, para wonderkid negeri Matahari Terbit bersaing dengan Argentina, Polandia, serta Senegal. Kekuatan grup ini dinilai sangat berimbang. Laskar Samurai Biru akan mentas di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung selama babak penyisihan.

Baca Juga

Skuad Jepang U-17 didominasi oleh para pemain muda dari klub-klub beken di Jepang. Namun ada juga pemain dari tim sekolah yang masuk ke dalam tim. Di Jepang, kompetisi antarsekolah berjalan sangat rapi sehingga banyak talenta muda dari tim-tim sekolah yang muncul.

Di posisi kiper, Jepang akan diperkuat Wataru Goto (FC Tokyo U-18), Taisei Kambayashi (Montedio Yamagata Youth), dan Alexandre Pisano (Nagoya Grampus U-18). 

Selanjutnya di lini pertahanan, ada Haruto Matsumoto (Kashima Antlers Youth), Keita Kosugi (Shonan Bellmare U-18), Kotaro Honda (Shonan Bellmare U-18), Kaito Tsuchiya (Kawasaki Frontale U-18), Shotaro Shibata (Kawasaki Frontale U-18), Shuto Nagano (FCTokyo U-18), dan Katsuma Fuse (SMA Universitas Jepang Fujisawa)

Berlanjut ke sektor gelandang, ada Joi Yamamoto (Tokyo Verdy Youth), Gakuto Kawamura (Tokyo Verdy Youth), Yotaro Nakajima  (Sanfrecce Hiroshima Youth). Ryunosuke Yada (Shimizu S-Pulse Youth), Ryunosuke Sato (FC Tokyo), dan Yumeki Yoshinaga (SMA Kamimura).

Terakhir di lini serang ada Yutaka Michiwaki (Roasso Kumamoto), Homare Tokuda (Kashima Antlers Youth), Aren Inoue (Sanfrecce Hiroshima Youth). Rento Takaoka (SMA Nissho), dan Gaku Nawata (SMA Kamimura). 

Jepang bertemu Polandia di partai perdana mereka. Duel tersebut berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (11/11/2023), pukul 16.00 WIB. 

Pada partai kedua, Samurai Biru meladeni ketangguhan Argentina. Sebuah laga kelas atas. Duel ini dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (14/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Pada laga pamungkas babak penyisihan, Jepang berjumpa Senegal. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (17/11/2023), pukul 16.00 WIB.

Piala Dunia U-17 2023 dimainkan di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023. Ini pertama kalinya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah turnamen FIFA.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement