Jumat 03 Nov 2023 09:53 WIB

Telkomsat Targetkan Layani 1.000 Lokasi di Indonesia Timur

Telkomsat ungkap ada 100 ISP berlangganan MangoStar dan 50 persen di Timur Indonesia

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya Telkomsat targetkan bisa melayani ribuan lokasi di pelosok Indonesia.
Foto: Dok. Telkom
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya Telkomsat targetkan bisa melayani ribuan lokasi di pelosok Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya Telkomsat menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi dengan akses download hingga 180 Mbps dan upload sampai 20 Mbps untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia Timur. 

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd Rauf mengatakan hal ini merupakan upaya perusahaan dalam pemerataan konektivitas digital dengan menghadirkan sinyal internet cepat di daerah yang tidak terjangkau koneksi digital melalui jaringan kabel, serat optik, maupun nirkabel, khususnya di kawasan bagian timur Indonesia. 

"Saat ini terdapat sekitar 100 Internet Service Provider (ISP) lokal yang telah berlangganan MangoStar dan 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia," ujar Lukman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Telkomsat, ucap Lukman, menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola UMKM dan ISP-ISP lokal di kawasan timur Indonesia. Dari satu titik tersebut, para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan.

Lukman menyampaikan MangoStar merupakan salah satu produk unggulan Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity). MangoStar menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya para pelaku UMKM dan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP). 

"Terbukti, sejak satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan pelanggan sangat pesat, mencapai 10 kali lipat dalam rentang 2022-2023," ucap Lukman.

Lukman menyampaikan terobosan lain yang telah dilakukan adalah layanan MangoStar Maritim yang diluncurkan pada awal September 2023 dan diperuntukan bagi pelanggan di sektor maritim dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7x24 jam dan kecepatan akses download hingga mencapai 180 Mbps dan upload 20 Mbps. Selain itu, Telkomsat dengan fasilitas VSAT Star juga turut mendukung penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi untuk kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Pegunungan.

"Kami memaksimalkan dan mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia," tutur Lukman.

Lukman mengatakan perusahaan telah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas di seluruh Indonesia, yang dimulai sejak Agustus 2022. Telkomsat, lanjut dia, berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

"Untuk itu, Telkomsat terbuka dalam menjalin kerja sama dan menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP-ISP lain," kata Lukman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement