Jumat 03 Nov 2023 18:55 WIB

Audio USB-C, Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ponsel cerdas saat ini hadir dengan audio USB-C.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Audio USB-C sepertinya merupakan pengganti yang tepat untuk jack headphone 3,5 mm yang sudah lama hilang yang biasa kita miliki di ponsel pintar.
Foto: GizChina
Audio USB-C sepertinya merupakan pengganti yang tepat untuk jack headphone 3,5 mm yang sudah lama hilang yang biasa kita miliki di ponsel pintar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sudah beberapa tahun sejak Apple mulai menghapus secara bertahap jack headphone 3,5 mm di ponsel pintar. Meskipun keputusan tersebut cukup kontroversial, sebagian besar ponsel andalan saat ini tidak dilengkapi dengan jack tersebut. Sebaliknya, ponsel cerdas saat ini hadir dengan audio USB-C.

Faktanya, beberapa produsen sepenuhnya menggunakan audio USB-C. Ambil contoh seri Google Pixel 8 yang baru dirilis. Ini memiliki dukungan untuk audio lossless melalui port USB-C.

Baca Juga

Sekarang, di atas kertas, audio USB-C sepertinya merupakan pengganti yang tepat untuk jack headphone 3,5 mm yang sudah lama hilang yang biasa kita miliki di ponsel pintar. Namun bagaimana jika dibandingkan dengan jack 3,5mm tradisional? Apakah ini sebenarnya lebih baik? 

Dilaporkan laman Giz China, Jumat (3/11/2023), seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, USB-C mengacu pada konektor USB yang dapat dibalik. Ini telah menjadi port pengisian daya universal untuk ponsel pintar modern. Produsen laptop, PC, tablet, dan perangkat lainnya juga mulai membuang port pengisian daya lain demi konektor yang dapat dibalik ini.