Sabtu 04 Nov 2023 17:31 WIB

Tur Trofi Piala Dunia U-17 Berakhir di Solo, Kental Nuansa Tradisional

Tur Trofi Piala Dunia U-17 di Solo Kental Nuansa Tradisional

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) didampingi  Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (tengah) berpose dengan trofi Piala Dunia U-17 saat Trophy Experience FIFA U-17 World Cup di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/10/2023). Pameran trofi Piala Dunia U-17 (Trophy Experience FIFA U-17 World Cup) digelar di beberapa kota di Indonesia dan dilakukan dalam rangka mempromosikan serta meningkatkan antusias masyarakat terkait perhelatan pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU
Foto: ANTARA FOTO
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) didampingi Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (tengah) berpose dengan trofi Piala Dunia U-17 saat Trophy Experience FIFA U-17 World Cup di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/10/2023). Pameran trofi Piala Dunia U-17 (Trophy Experience FIFA U-17 World Cup) digelar di beberapa kota di Indonesia dan dilakukan dalam rangka mempromosikan serta meningkatkan antusias masyarakat terkait perhelatan pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Kota Solo menjadi penutup rangkaian tur Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023. Masyarakat Solo pada Ahad (5/11/2023) pagi bakal bisa menyaksikan langsung piala prestisius yang akan diperebutkan 24 negara tersebut.

Seperti tiga kota sebelumnya, banyak acara hiburan rakyat di event Trophy Experience. Masyarakat tak hanya bisa melihat lebih dekat serta mengabadikan trofi Piala Dunia U-17 lewat foto, mereka juga bisa menikmati pawai meriah.

Baca Juga

Rute pawai bola raksasa digeber mulai dari Jalan Diponegoro (Pasar Antik Triwindu) hingga Pura Mangkunegaran (Gapura Ngarsopuro).  

"Solo akan menjadi kota spesial saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 dan jadi sorotan dunia.  Di Solo ada final dan acara selebrasi penutupan. Trophy Experience menjadi penanda kesiapan Solo jelang turnamen. Kami berharap dukungan masyarakat Solo, Jawa Tengah dan DIY untuk menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia U-17," tutur Erick Thohir Ketua Umum PSSI yang juga bertindak sebagai Ketua Local Organizer Committee (LOC) Piala Dunia U-17. 

Deretan Prajurit Pura Mangkunegaran, Penari Mangkunegaran, Drum Band, bintang-bintang klub Persis Solo bakal meramaikan sesi pawai. Gusti Kanjeng Mangkunegaran akan hadir dalam rangkaian acara Trophy Experience tersebut.

Trophy Piala Dunia U-17 akan dipamerkan di Pura Mangkunegaran di depan Gedung Kavallerie-Artillerie. Solo yang punya kekhasan tradisional bakal menyelenggarakan Trophy Experience dengan gaya berbeda dan unik. 

"Ini acara pendukung di luar pertandingan yang melibatkan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Secara infrastruktur Solo sudah siap. Untuk hal-hal pendukung lainya, sambil jalan kami tuntaskan. Saya berharap dukungan masyakarat buat menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia U-17, bahu membahu,” kata Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo. 

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solo siap menerjunkan ratusan atletnya untuk memeriahkan Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023. Ketua KONI Kota Solo Lilik Kusnandar mengatakan, pihaknya langsung menginstruksikan kepada 62 cabang olahraga (cabor). Masing-masing cabor dianjurkan mengirim 10 atlet. Praktis, bakal ada kurang lebih 500-an atlet yang berpartisipasi.

Kirab pada kegiatan Trophy Experience bakal dimulai pukul 06.30 WIB berbarengan dengan Car Free Day. 

"Acara Trophy Experience sarana tepat untuk sosialisasi pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Kota Solo. CFD selama ini kan selalu ramai, masyarakat bisa terinformasi langsung tentang penyelenggaraan turnamen. Mereka bakal antusias lebih dekat trophy,” tutur Lilik.

Di Solo akan mementaskan persaingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023. Grup ini terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali. Seluruh laga akan dimainkan di Stadion Manahan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement