Senin 06 Nov 2023 10:47 WIB

Delapan Rekomendasi KNEKS Dorong Penetrasi Bank Syariah

KNEKS juga mendorong pengembangan regulasi bersama regulator.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
ilustrasi:layanan bank - Petugas melayani transaksi nasabah di kantor layanan bank syariah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
ilustrasi:layanan bank - Petugas melayani transaksi nasabah di kantor layanan bank syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor keuangan syariah terus didorong untuk mendukung industri halal. Plt Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Taufik Hidayat, menekankan KNEKS berkomitmen untuk terus memajukan penetrasi bank syariah di Indonesia, terdapat langkah penting yang direkomendasikan KNEKS untuk mencapai tujuan tersebut.

"Beberapa langkah penting yang kami rekomendasikan untuk mencapai tujuan ini, pertama adalah dengan peningkatan awarenes dan literasi, dengan cara melakukan kampanye edukasi dan literasi secara intensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keuangan syariah, manfaatnya, prinsip-prinsipnya  serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk keuangan syariah," ujar Taufik kepada Republika dikutip Senin (6/11/2023).

Baca Juga

KNEKS juga mendorong pengembangan regulasi yang mendukung seperti bekerja sama dengan regulator untuk menciptakan regulasi yang mendukung pertumbuhan sektor keuangan syariah, termasuk perlindungan konsumen yang kuat. Inovasi produk dan layanan juga mutlak dilakukan. KNEKS terus mendorong bank syariah untuk terus mengembangkan produk dan layanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Langkah keempat adalah melakukan kemitraan strategis dengan memfasilitasi kemitraan strategis antara bank syariah dengan lembaga keuangan syariah lainnya, yang dapat membantu dalam pertukaran pengetahuan dan teknologi. Selanjutnya adalah pembiayaan dan investasi berkelanjutan.