Rabu 08 Nov 2023 09:15 WIB

Melambat dari Triwulan Sebelumnya, BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi DIY Masih Tumbuh Baik

Ada tiga faktor yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan III 2023

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Foto: pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bank Indonesia (BI) DIY menyebut bahwa perkembangan ekonomi DIY di triwulan III 2023 ini masih tumbuh positif, meski melambat dibanding triwulan sebelumnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DIY pada triwulan III 2023 tumbuh sebesar 4,96 persen (yoy).

"Pertumbuhan tahunan PDRB DIY pada triwulan III relatif melambat dari triwulan II 2023 yang tumbuh sebesar 5,16 persen (yoy)," kata Kepala Perwakilan BI DIY, Ibrahim, Rabu (8/11/2023). 

Ibrahim mengatakan, ada tiga faktor yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan III 2023. Pertama yakni adanya peningkatan mobilitas yang tercermin dari kenaikan kunjungan wisatawan dan penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). 

Faktor kedua yaitu daya beli masyarakat yang masih terjaga, dimana tercermin dari kenaikan penjualan sepeda motor dan Nilai Tukar Petani (NTP). Ketiga yakni aktivitas produksi yang masih tumbuh, terutama untuk hortikultura dan kenaikan konsumsi listrik untuk segmen bisnis.