Kamis 09 Nov 2023 08:27 WIB

Selama Hamil Hingga Melahirkan Pakai Korset, Pentingkah?

Korset kehamilan dapat membantu menopang rahim.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ibu yang baru saja melahirkan disarankan memakai korset/ilustrasi
Foto: familyshare.com
Ibu yang baru saja melahirkan disarankan memakai korset/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Saat berlangsungnya kehamilan, secara alami ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mental sebagai bentuk adaptasi tubuh. Bertambahnya berat badan, perubahan postur tubuh, perubahan hormon dan stres dapat menyebabkan terjadinya salah satu gangguan kenyamanan bagi ibu hamil, yaitu nyeri punggung dan pinggang. 

Walau umum dialami oleh ibu hamil, tapi jika tidak ditangani dengan baik, maka nyeri punggung dan pinggang dapat sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup. The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa cara efektif untuk mencegah dan mengurangi nyeri punggung dan pinggang selama kehamilan adalah dengan menjaga postur tubuh saat duduk, tidur, dan berdiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengenakan pakaian pendukung, seperti korset kehamilan (maternity belt) yang dapat membantu menopang perut dan bagian belakang tubuh agar otot-otot tidak berada dalam kondisi tegang terus-menerus.

Baca Juga

Dokter Spesialis Kandungan dari RSIA Bina Medika Bintaro, dr. Baruch Djaja, SpOG, turut mendukung solusi nyeri punggung dan pinggang berupa pemakaian korset kehamilan. Menururtnya nyeri di punggung merupakan kombinasi dari berbagai perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan trimester dua dan tiga. 

Ia mengatakan mengenakan korset kehamilan dapat membantu menopang rahim yang membesar sehingga tekanan pada otot dan persendian di pinggul dan panggul dapat berkurang. "Otot-otot di punggung juga tidak bekerja terlalu keras sehingga rasa nyeri dan tegang juga berkurang," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (9/11/2023).

Ia mengatakan korset kehamilan juga membantu menjaga postur ibu hamil yang cenderung tidak seimbang akibat pergeseran pusat gravitasi tubuh. "Pemakaian korset sebaiknya dilanjutkan sampai beberapa bulan setelah melahirkan karena dapat membantu proses pemulihan tubuh ibu,” sarannya.

Salah satu figur publik yang menggunakan korset paska melahirkan adalah Jennifer Bachdim, seorang ibu yang memiliki empat orang anak. Ia yakin untuk memilih MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset untuk membuat perutnya kembali ramping pasca-melahirkan anak keempatnya, Kiro Zayden Bachdim, pada Februari 2023 lalu.

“MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset jadi korset andalan saya karena terasa nyaman dipakai saat melakukan pekerjaan di rumah, bahkan saya juga memakainya saat berolahraga. Saya tidak merasa sesak dan gerah walau cuaca di Bali panas dan udaranya lembap. Saya juga tidak merasa khawatir kulit perut jadi iritasi setelah pemakaian seharian karena korset ini memiliki bahan yang lembut dan aman dari zat berbahaya," ujarnya.

Setelah pemakaian beberapa bulan, ia merasa perut dan pinggang jadi langsing lebih cepat dan postur tubuh mulai kembali seperti sebelum hamil.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement