Kamis 09 Nov 2023 13:39 WIB

NewJeans Grup K-Pop Perempuan Pertama yang Bakal Tampil di Billboard Music Awards

Billboard Music Awards akan diselenggarapan pada 19 November waktu AS.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop NewJeans. NewJeans akan membuat sejarah sebagai girl group K-pop pertama yang tampil di Billboard Music Awards (BBMAs) pada 19 November waktu AS.
Foto: Dokumen
Grup K-pop NewJeans. NewJeans akan membuat sejarah sebagai girl group K-pop pertama yang tampil di Billboard Music Awards (BBMAs) pada 19 November waktu AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NewJeans akan membuat sejarah sebagai girl group K-pop pertama yang tampil di Billboard Music Awards (BBMAs) pada 19 November waktu AS. Grup beranggotakan lima orang asal Korea Selatan ini telah terpilih untuk tampil dalam upacara penghargaan BBMAs tahun ini.

Pengumuman resmi yang dilakukan oleh BBMAs melalui media sosialnya. BBMAs merupakan salah satu dari tiga penghargaan musik pop terbesar di Amerika, selain Grammy Awards dan American Music Awards.

Baca Juga

Sebelumnya, hanya grup K-pop BTS yang pernah mendapatkan kesempatan tampil di panggung prestisius BBMAs. "NewJeans terpilih sebagai penampil dalam acara tersebut, menjadi girl group K-pop pertama yang meraih kesempatan ini dalam waktu yang sangat singkat setelah debut mereka," tulis pernyataan dari agensi NewJeans, ADOR, yang diumumkan dalam sebuah rilis, dilansir Yonhap News, Kamis (9/11/2023).

Pada acara BBMAs mendatang, NewJeans akan membawakan lagu-lagu "Super Shy" dan "OMG”. Kedua lagu itu telah menduduki peringkat di bagan Billboard Hot 100, sesuai dengan pernyataan agensi.

Selain itu, NewJeans juga dinominasikan dalam empat kategori dengan lima entri berbeda dalam acara BBMAs tersebut. Mereka dinominasikan untuk kategori Artis Top Billboard Global (Kecuali AS), Artis K-Pop Global Teratas, Album K-Pop Teratas untuk Get Up, serta K-Pop Global Teratas Lagu untuk "Ditto" dan "OMG”.

Acara BBMAs tahun ini akan dilaksanakan secara virtual dan disiarkan langsung melalui saluran media sosial resmi Billboard pada 19 November mendatang. Selain NewJeans, senior mereka di bawah label Bighit Music, Jimin BTS juga dinominasikan dalam empat kategori.

Jimin berhasil mencapai finalis dalam empat kategori prestisius. Nominasi untuk Jimin mencakup Lagu Terlaris untuk "Like Crazy”, Artis K-Pop Global Teratas, Album K-Pop Teratas untuk Face, dan Lagu K-Pop Global Teratas untuk "Like Crazy”. Grup Twice berhasil mendapatkan tiga nominasi, sementara Stray Kids dan Tomorrow X Together (TXT) masing-masing dinominasikan dalam dua kategori.

Grup pendatang baru, Fifty Fifty, juga menjadi finalis dalam dua kategori yang mencakup Top Duo/Group dan Top Global K-Pop Song untuk lagu "Cupid”. Hanya Jimin, NewJeans, dan Fifty Fifty yang mendapatkan nominasi dalam kategori yang bukan berasal dari K-pop.

Selain itu, girl group Blackpink, anggota BTS yakni Suga dan Jungkook, masing-masing mendapatkan satu nominasi. Blackpink dinominasikan dalam kategori Artis Tur K-Pop Teratas, sementara Suga dan Jungkook meraih nominasi dalam kategori Lagu K-Pop Global Teratas. Pada BBMAs 2022, BTS berhasil meraih tiga penghargaan, termasuk Top Duo/Group, Top Selling Song Sales Artist, dan Top Selling Song.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement