Jumat 10 Nov 2023 10:03 WIB

YouTube Hadirkan Fitur 'For You', Apa Fungsinya?

Peluncuran fitur baru Youtube ini akan dimulai pada 20 November mendatang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
YouTube baru-baru ini meluncurkan tambahan baru pada tab beranda saluran pembuat konten. Fitur itu disebut bagian For You alias Untuk Anda.
Foto: Pixabay
YouTube baru-baru ini meluncurkan tambahan baru pada tab beranda saluran pembuat konten. Fitur itu disebut bagian For You alias Untuk Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— YouTube baru-baru ini meluncurkan tambahan baru pada tab beranda saluran pembuat konten. Fitur itu disebut bagian 'For You' alias Untuk Anda.  

Fitur menarik ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan membantu pemirsa menemukan konten. Caranya dengan menawarkan rekomendasi video yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat tontonan mereka. 

Baca Juga

Dilansir Gizchina, Jumat (10/11/2023), bagian “Untuk Anda” memberikan pengalaman yang disesuaikan bagi pengunjung saluran Anda. Menampilkan campuran video pilihan yang selaras dengan preferensi tontonan masing-masing. 

Pembuat konten mempunyai wewenang untuk memilih jenis konten yang ingin mereka sertakan di bagian ini. Bahkan dapat memilih untuk hanya menampilkan konten yang diposting dalam 12 bulan terakhir. 

Penting untuk diperhatikan bahwa ketersediaan bagian “Untuk Anda” mungkin berbeda di berbagai tab beranda saluran, jadi penting untuk memeriksa apakah fitur ini dapat diakses di saluran Anda. Jika Anda seorang kreator yang ingin melakukan penyesuaian pada bagian “Untuk Anda”. 

Berikut panduan singkat tentang cara melakukannya.

Pertama, masuk ke YouTube Studio.

Kedua, pilih “Kustomisasi” dari menu sebelah kiri dan navigasikan ke bagian “Tata Letak”.

Ketiga, gulir ke bawah ke “Rekomendasi untuk pemirsa Anda” dan klik “Setelan lainnya”.

Keempat, dalam Pengaturan, Anda dapat memilih jenis konten spesifik yang ingin Anda tampilkan dan memutuskan apakah Anda hanya ingin menampilkan konten terkini dari 12 bulan terakhir.

Kelima, setelah Anda menentukan pilihan, klik “Selesai” dan kemudian “Publikasikan.” 

Kreator memiliki kontrol penuh atas fitur ini dan dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkannya di setelan saluran mereka. Untuk opsi penyesuaian yang lebih detail, mengakses “setelan lainnya” di bagian “Rekomendasi untuk pemirsa Anda” akan memberikan pilihan tambahan. 

Kreator dapat mempersonalisasi lebih lanjut bagian “Untuk Anda” dengan memilih apakah akan menampilkan video pendek, streaming langsung, video lengkap, atau kombinasi keduanya. Selanjutnya, mereka dapat memutuskan untuk memasukkan semua konten atau hanya menampilkan materi terbaru. Mengaktifkan atau menonaktifkan bagian “Untuk Anda” dapat dilakukan dengan mengalihkan opsi di bawah “Rekomendasi untuk pemirsa Anda.” 

Peluncuran bagian “Untuk Anda” dijadwalkan akan dimulai pada 20 November 2023. Kreator disarankan untuk meninjau pengaturannya dan membuat pilihan format yang diperlukan Sebelum fitur tersebut tersedia bagi penonton. Dengan memanfaatkan tambahan baru yang menarik ini, pembuat konten dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memudahkan penonton menemukan konten mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement