Jumat 10 Nov 2023 11:54 WIB

Setelah Cirata, ESDM Bakal Bangun Pembangkit Terapung di Dua Lokasi Ini

ESDM berencana membangun PLTS Terapung di Saguling dan Singkarak.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Nelayan ikan bilih menebar jaring di Danau Singkarak, Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (22/6/2023). Kementerian ESDM akan membangun PLTS Terapung di Singkarak.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Nelayan ikan bilih menebar jaring di Danau Singkarak, Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (22/6/2023). Kementerian ESDM akan membangun PLTS Terapung di Singkarak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di Cirata, Jawa Barat, rampung, Kementerian ESDM mengatakan akan melakukan replikasi pembangkit listrik terapung di beberapa lokasi lain di Indonesia. 

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi mengungkapkan, potensi PLTS terapung pada danau dan bendungan lainnya di Indonesia mencapai 89,36 GW di 295 lokasi. 

Baca Juga

Dari total potensi PLTS Terapung tersebut, terdiri dari PLTS terapung di danau sebesar 74,67 GW di 36 lokasi dan PLTS terapung di bendungan sebesar 14,7 GW di 259 lokasi.

photo
Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) seluas 200 hektare. PLTS ini dibangun di atas Waduk Cirata dan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. - (PLN)
 

"Yang perlu kita lakukan berikutnya adalah mereplikasi (PLTS Terapung) ini dan akan kita scaling up dengan begitu banyak potensi waduk di Indonesia, mengingat pemerintah akhir-akhir ini aktif membangun waduk dan bendungan," kata Yudo, dalam keterangan resminya dikutip Jumat, (10/11/2023). 

Dalam beberapa tahun ke depan, tambah Yudo, akan ada dua PLTS Terapung yang juga akan beroperasi, yakni PLTS Terapung Saguling dan Singkarak.

"Yang terdekat itu sekarang itu di Saguling, bendungan pertama cascade-nya sungai Citarum, dan satu lagi Singkarak, itu yang terdekat," jelasnya.

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT. PLN (Persero) 2021-2030, PLTS Terapung Saguling di Jawa Barat akan memiliki kapasitas sebesar 60 MW, sedangkan PTLS Terapung Singkarak di Sumatera Barat memiliki kapasitas 48 MW.

Selain itu, berdasarkan RUPTL juga masih akan ada lima PLTS Terapung yang akan dibangun hingga tahun 2030, yakni di Waduk Wonogiri Jawa tengah sebesar 100 MW, Waduk Sutami Jawa Timur sebesar 122 MW, Waduk Jatiluhur Jawa Barat sebesar 100 MW, Waduk Mrica Jawa Barat 60 MW, dan Waduk Wonorejo Jawa Timur 122 MW. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement