Sabtu 11 Nov 2023 15:53 WIB

Ini Cara Mengatasi Sembelit, Pakar Kesehatan: Jaga Asupan Probiotik Harian 

Masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera ditangani. 

Red: Agus Yulianto
Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum dialami banyak orang.
Foto: dok. Republika
Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum dialami banyak orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susah buang air besar (BAB) atau sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum dialami banyak orang. Ketika mengalami sembelit, perut akan terasa sesak, penuh, dan kembung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Padahal, masalah pencernaan seperti sembelit sebetulnya cukup mudah untuk dihindari, yaitu dengan menjaga asupan probiotik harian.

Menurut pakar kesehatan Dr Ika Devi SpPD, penyebab dari timbulnya sembelit bisa bermacam-macam. Antara lain, dehidrasi, kurang aktif bergerak, efek samping obat, gangguan otot panggul, hingga kurangnya konsumsi serat.

Meskipun kondisi ini terkesan ringan, kata  dia, masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera ditangani. Hal tersebut demikian karena jika dibiarkan begitu saja, kondisi sembelit bisa semakin menggawat. 

“Dalam tingkat yang lebih kronis, sembelit bisa memicu timbulnya masalah saluran cerna lain seperti wasir, pembekakkan pembuluh darah di anus, sampai robekan kulit anus," ujar Ika dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/11/2023).