Sabtu 11 Nov 2023 19:07 WIB

BI: Gen X dan Gen Z Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintah mematok target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen.

Red: Lida Puspaningtyas
Ilustrasi- Logo Bank Indonesia
Foto: Bank Indonesia
Ilustrasi- Logo Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, RAJA AMPAT -- Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (DKEM) Bank Indonesia Erwindo Kolopaking menyampaikan bahwa Gen X dan Gen Z menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi domestik, karena berperan dalam menopang sektor konsumsi rumah tangga.

“Domestik kita masih melihat bahwa konsumsi rumah tangga itu masih menjadi penopang. Di mana kemudian kaitannya dengan restoran, makanan, minuman, dan segala macam aktivitas. Dan ini tentu kita pahami semua bersumber dari Gen X dan Gen Z. Ini adalah salah satu source dari pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini,” kata Erwindo, di Raja Ampat, Sorong, Papua, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga

Selain menyumbang sektor konsumsi rumah tangga, Erwindo mengatakan bahwa di sektor pembiayaan non bank, kedua sektor tersebut juga cukup berperan.

“Ditambah lagi penggunaan financing. Bukan dari perbankan, tapi dari sektor keuangan non bank yang sangat mudah, seperti paylater dan sebagainya itu juga, karena paling praktis kan. Jadi itu yang membuat kemudian aktivitas ekonomi itu bergerak,” kata Erwindo.