Selasa 14 Nov 2023 04:13 WIB

IPHI Jateng Deklarasi Wujudkan Pemilu Damai, Usung 'Catur Satya'

Diharapkan IPHI ikut mengedukasi masyarakat supaya menjadi pemilih cerdas.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Ikrar Deklarasi Pemilu Damai oleh IPHI Jateng.
Foto: Dokumen
Ikrar Deklarasi Pemilu Damai oleh IPHI Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Tengah berkomitmen turut serta mewujudkan Pemilu 2024 dengan damai dan bermartabat. Komitmen ini tertuang dalam ‘Catur Satya’ Deklarasi Pemilu Damai.

Ketua PW IPHI Jateng, Prof KH Imam Taufiq mengungkapkan, IPHI adalah lembaga yang beranggotan umat Islam dan sudah haji yang berorientasi pada kemaslahatan dan kedamaian.

Sedangkan pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dijaga jangan sampai menyebabkan perpepacahan umat. “IPHI ingin Pemilu 2024 berjalan damai, nyaman dan bermartabat,” kata dia.

Imam Taufiq menambahkan, terkait dengan Catur Satya Deklarasi Pemilu Damai, telah dibacakannya bersama dengan jajaran Pengurus Daerah (PD) IPHI se-Jateng.

Pembacaan ini dilaksanakan pada acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) IPHI yang mengusung tema ‘Dengan Haji Mabrur Sepanjang Hayat, Kita Laksanakan Pemilu Damai yang Bermartabat’, di Gedung Gradhika Semarang.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Ketua Umum PP IPHI, Erman Suparno, Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid, dan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, H Fitriyanto.

Jelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024, kata Prof Imam Taufik, dinamika politik di masyarakat semakin ramai, baik di media social (medsos), media massa, maupun dunia nyata.

Menurutnya, dinamika politik di masyarakat membutuhkan komitmen dan tanggungjawab seluruh pengurus IPHI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang independen, tidak memihak dan tidak berpoliik praktis.

“Pengurus dan anggota IPHI adalah tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerahnya masing-masing. Mari kita Bersama- sama berikhtiar mewujudkan Pemilu 2024 yang bermartabat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPHI, Erman Suparno mengungkapkan, rakerwil merupakan media konsolidasi organisasi, melengkapi dan menyempurnakan program- program kerja.

“Termasuk juga untuk menyusun rekomendasi menanggapi isu-isu actual, salah satunya adalah pesta demokrasi akbar 2024 nanti,” kata dia.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, H Nana Sudjana meyampaikan, IPHI sebagai organisasi yang berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan diharapkan menjadi penggerak bagi masyarakat lain.

IPHI diharapkan ikut mengedukasi masyarakat supaya menjadi pemilih cerdas dan tidak mudah terprovokasi dalam perhelatan Pemilu 2024 ini. “Dengan begitu, pemilu damai dan bermartabat akan bisa terwujud,” ujarnya

Ia juga berharap IPHI bisa turut berpartisipasi dalam pembangunan di Jateng. “Termasuk nilai-nilai keagamaan yang dipahami juga bisa disemaikan kepada masyarakat," jelas dia.

Lebih lanjut IPHI diharapkan bisa berkontribusi dalam penanganan  kemiskinan, pengangguran, masalah anak putus sekolah, dan sebagainya. 

“Organisasi ini juga banyak yang menyelenggarakan pendidikan, sehingga itu bisa mengurangi anak putus sekolah di Jateng," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement