Selasa 14 Nov 2023 00:32 WIB

42 Rumah Tersambar Petir Dapat Bantuan Pemerintah Daerah

Warga diimbau mewaspadai petir pada musim hujan.

Red: Erdy Nasrul
Petir.
Foto: SPA
Petir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan berupa material bangunan untuk 42 rumah warga yang tersambar petir di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar.

"Kita cepat tanggap dan segera membantu memperbaiki rumah warga yang rusak disambar petir pada Sabtu (11/11)," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Perlang, Senin (13/11/2023).

Baca Juga

Bupati mengatakan, sebanyak 42 rumah yang tersambar petir itu berdasarkan data dari BPBD dengan kondisi rusak ringan, sedang dan rusak parah.

"Kita salurkan bantuan material bangunan sesuai dengan kondisi kerusakannya," ujarnya.

Selain menyalurkan bantuan material, pemerintah daerah setempat juga menyalurkan bantuan bahan pokok bagi korban bencana alam petir tersebut.

"Saya memberikan apresiasi kepada BPBD, pihak kecamatan dan desa yang bergerak cepat melakukan pendataan dan membantu warga yang tertimpa musibah tersebut," ujarnya.

Algafry berharap, meski bantuan ini tak sepenuhnya menutupi kerugian yang dialami warga, tapi setidaknya bisa meringankan beban warga.

"Dengan dukungan pemerintah, semoga kerusakan yang ada bisa segera diperbaiki dan kita imbau warga untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem," ujarnya.

Kepala BPBD Bangka Tengah Yudhi Sabara mengatakan, bahwa berdasarkan data tercatat 42 rumah yang rusak tersambar petir.

"Setelah kejadian kita langsung turun ke lapangan memberikan bantuan sembako, kemudian dilakukan pendataan rumah yang rusak," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement