Selasa 14 Nov 2023 10:50 WIB

Pengguna Sudah Lama Ingin Bisa Hapus Akun Threads tanpa Hapus Instagram

Pembaruan ini tak lama setelah Meta kenalkan perubahan pengaturan lain.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meta secara perlahan terus mengurai beberapa aspek Threads dari Instagram. Kini pengguna Threads dapat menghapus akun mereka di aplikasi tanpa menghapus akun Instagram mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Instagram Adam Mosseri.

Pengguna dapat menghapus profil mereka dari aplikasi Threads melalui Settings -> Account -> Delete atau Deactivate profile.

Baca Juga

Dilansir Engadget, Selasa (14/11/2023), perubahan ini telah lama diminta oleh para pengguna Threads. Banyak di antara mereka yang merasa frustrasi dengan ketidakmampuan untuk menghapus profil Threads mereka tanpa juga melibatkan akun Instagram mereka.

Pembaruan ini terjadi tak lama setelah Meta memperkenalkan perubahan pengaturan lain yang memungkinkan pengguna Threads memilih untuk tidak mempromosikan postingan mereka di Instagram dan feed utama Facebook.

Meskipun ada perubahan, Instagram dan Threads masih terikat erat satu sama lain. Akun Instagram diperlukan untuk bergabung dengan Threads dan satunya fitur perpesanan di aplikasi ini bergantung pada kotak masuk Instagram. Threads juga memanfaatkan kehadiran Instagram untuk mendapatkan rekomendasi dan fitur lainnya.

Meskipun Meta kemungkinan tidak akan sepenuhnya memisahkan kedua layanan tersebut, ada alasan untuk berharap bahwa Threads pada akhirnya akan menjadi lebih independen. Meta mengatakan pihaknya bermaksud membuat Threads kompatibel dengan ActivityPub, protokol sumber terbuka yang mendukung Mastodon.

Perusahaan belum banyak berbagi tentang cara kerjanya. Namun, integrasi ini akan memberikan pengguna media sosial cara baru untuk berinteraksi dengan konten Threads meskipun mereka lebih memilih untuk menghindari Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement