Rabu 15 Nov 2023 01:50 WIB

L'Oreal Kena Boikot, Ini Daftar Produk yang Dijual di Indonesia

Israel salahgunakan Laut Mati untuk pariwisata internasional, pertambangan, lainnya.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
salah satu hand sanitizer gratis yang diproduksi Garnier dan LOreal Paris Indonesia
Foto: istimewa
salah satu hand sanitizer gratis yang diproduksi Garnier dan LOreal Paris Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak konflik Israel dan Palestina mulai memanas beberapa waktu terakhir ini, seruan produk pro Israel kembali menyeruak secara global. Beragam produk di sejumlah industri pun diserukan untuk diboikot karena dikabarkan terafiliasi dengan Israel.

Industri kosmetik dan perawatan wajah menjadi salah satu yang terkena seruan boikot. Bukan tanpa alasan, sejumlah merek kosmetik mendunia dikabarkan memiliki dukungan kepada Israel.

Baca Juga

Merek terkenal dari industri kosmetik yang saat ini mendapatkan seruan boikot karena pro-Israel adalah L'Oreal Paris. Dikutip dari Branded Girls.co, L'Oreal Paris menjadi salah satu dari 19 merek makeup yang mendukung Israel pada 2023.

Dalam laman tersebut dijelaskan, L'Oreal Israel menjalankan jalur produksi di kota Migdal Ha'emek, Israel, di Galilea Bawah. Pemukiman Migdal Ha’emek didirikan pada 1952 di atas tanah yang terletak di kota al-Mujaydil di Palestina yang telah dibersihkan secara etnis yang penyewa aslinya masih tidak diberi hak untuk kembali ke rumah mereka.

L’Oreal Israel juga memproduksi rangkaian produk yang memanfaatkan mineral Laut Mati dengan judul Natural Sea Beauty yang diekspor ke 22 negara di seluruh dunia. Sementara sepertiga pantai barat Laut Mati terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Sementara seluruh pantai dan aset-asetnya secara sistematis tertutup bagi warga Palestina karena pendudukan militer Israel dan praktik apartheid. Israel menyalahgunakan Laut Mati untuk pariwisata internasional, pertambangan, dan meningkatkan citra pribadinya.

Sebagai grup, L’Oreal memiliki banyak merek dibawahnya. Maybelline, Garnier, hingga La Roche Posay menjadi salah satu merek dari Grup L’Oreal yang resmi masuk Indonesia dan terancam diboikot setelah genosida yang dilakukan Israel kepada rakyat sipil Palestina.

Berikut beberapa merek kosmetik hingga perawatan wajah L’Oreal Group yang ada di Indonesia:

L’Oreal Paris

Garnier

Maybelline New York

NYX

3CE

Lancome Paris

Kiehl's

Giorgio Armani Beauty

Yves Saint Laurent

Shu Uemura

Urban Decay

Prada

L’Oreal Professionnel paris

Kerastase Paris

Matrix

La Roche Posay

CeraVe

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement