Rabu 15 Nov 2023 06:19 WIB

Raphael Varane Bakal Pensiun di Manchester United?

Varane kerap cedera selama di Manchester United.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Bek Manchester United Raphael Varane
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Bek Manchester United Raphael Varane

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek tengah Raphael Varane telah menyebutkan dua tim yang akan dipertimbangkan ketika ia meninggalkan Manchester United (MU). Varane mengakui bertahan di MU selama sisa kariernya adalah sebuah hal yang serius. Namun, ia tidak menutup kemungkinan untuk membuka tawaran dari klub lain.

"Saya akan menyelesaikan karier saya di Madrid, MU atau di Lens. Saya tidak akan pindah ke klub selain tiga itu," kata Varane menjelaskan kepada Majalah GQ dilansir Manchester Evening, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga

Kiprah pesepak bola asal Prancis bersama MU tidak berjalan dengan mulus. Varane kerap dihantam cedera ketika pindah ke klub asal kota pelabuhan Manchester.

Pemain berusia 30 tahun belum memulai pertandingan Liga Primer Inggris sejak September. Pelatih MU Erik ten Hag memilih menepikan bek timnas Prancis ini di bangku cadangan Setan Merah.

Dalam dua tahun bersama MU, Varane sudah menderita delapan kali cedera terpisah dengan setengah terjadi ketika masa jabatan Ten Hag di Theatre of Dream. Secara menyeluruh, eks pemain Real Madrid sudah melewatkan total 15 pertandingan di bawah asuhan pelatih asal Belanda.

"Kembali ke Madrid akan sangat sulit. Sebab, tidak ada pemain yang kembali ke sana. Jadi hal paling mungkin adalah saya menyelesaikan karier di MU atau Lens," kata Varane.

Tentunya cedera yang sering dialami Varane bisa jadi sinyal kariernya bersama MU tidak bakal bertahan lama. Langkah menuju pintu keluar Stadion Old Trafford pun berpeluang terjadi.

Menelisik lebih dalamm MU memang memiliki stok pemain bertahan yang rentan. Keempat bek tengah Setan Merah dalam usia tua. Varane dan Harry Maguire sudah menginjak usia 30 tahun. Adapun, Jonny Evans merupakan sosok veteran di usia 35 tahun dengan Victor Lindelof berusia 29 tahun.

Dapat dipahami bahwa Ten Hag ingin melakukan peremajaan bek tengah dengan Lisandro Martinez bisa dijadikan pimpinan untuk barisan pertahanan MU.

Lens bisa menjadi tempat pulang paling romantis bagi Varane. Klub Ligue 1 Prancis itu sedang dalam performa terbaik dan berhasil finis di posisi kedua pada kompetisi musim lalu.

Namun sumber lain mengatakan Ten Hag tidak ingin kehilangan sosok berpengalaman seperti Varane. Kehadirannya di ruang ganti tim sangat dibutuhkan untuk memberikan motivasi para pemain lain.

Varane telah memenangi empat trofi Liga Champions ketika masih bermain untuk raksasa La Liga Spanyol Real Madrid. Ia juga merengkuh gelar Piala Dunia saat membela timnas Prancis di Rusia 2018.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement