Rabu 15 Nov 2023 12:30 WIB

Gara-gara Perubahan Iklim, Muncul Virus 'X' yang Diprediksi Lebih Mematikan

Ilmuwan mengeluarkan peringatan mengerikan bahwa virus Faktor X.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Akibat perubahan iklim, muncul virus Faktor X yang lebih mematikan mungkin bersembunyi di lapisan es Bumi, menunggu untuk dilepaskan.   (ilustrasi)
Foto: Public Domain Pictures
Akibat perubahan iklim, muncul virus Faktor X yang lebih mematikan mungkin bersembunyi di lapisan es Bumi, menunggu untuk dilepaskan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dunia masih dalam masa pemulihan dari pandemi corona mematikan yang menewaskan hampir tujuh juta orang seluruh dunia. Namun para ilmuwan telah mengeluarkan peringatan mengerikan bahwa virus ‘Faktor X’ yang lebih mematikan mungkin bersembunyi di lapisan es Bumi, menunggu untuk dilepaskan. 

Lebih buruk lagi, mereka mengatakan perubahan iklim telah membuat sejumlah penyakit mematikan yang telah terbengkalai selama ratusan ribu tahun semakin besar kemungkinannya untuk terbebas seiring dengan pemanasan global yang terus berlanjut. 

Baca Juga

Dilansir MailOnline, Rabu (15/11/2023), hal ini terjadi karena tanah beku atau lapisan es bercampur dengan sejumlah besar spesies mikroba yang tidak aktif, banyak di antaranya yang hampir tidak diketahui oleh para ilmuwan. Para ahli memperingatkan hal ini juga dapat memicu keluarnya penyakit-penyakit yang telah punah seperti cacar atau patogen yang pernah menimbulkan malapetaka di kalangan nenek moyang kita. 

“Ada Faktor X yang sebenarnya tidak banyak kita ketahui,” kata Birgitta Evengard, seorang profesor penyakit menular di Universitas Umea di Swedia, kepada Newsweek. “Jauh di dalam lapisan es, pasti mikroba, terutama virus dan juga bakteri, yang sudah ada di Bumi jauh sebelum Homo sapiens ada,” ujar dia.