Kamis 16 Nov 2023 12:34 WIB

Dikenal Sebagai Negara Paling Bahagia Sedunia, Begini Cara Orang Nordik Besarkan Anak

Negara nordik adalah istilah untuk menyatukan beberapa negara di Eropa Utara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Para orang tua di belahan Eropa Utara atau Nordik membiasakan anak-anak untuk menyatu dengan alam yang akhirnya bisa membentuk pribadi anak yang tangguh dan bahagia. (ilustrasi)
Foto: PxHere
Para orang tua di belahan Eropa Utara atau Nordik membiasakan anak-anak untuk menyatu dengan alam yang akhirnya bisa membentuk pribadi anak yang tangguh dan bahagia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tumbuh di Swedia, orang tua akan selalu mendorong untuk keluar rumah sesering mungkin entah itu saat hujan, salju, atau cerah. Hal itu sebagian besar didorong oleh ‘friluftsliv’, sebuah kata dalam bahasa Skandinavia yang secara kasar diterjemahkan menjadi ‘kehidupan di udara terbuka’.

Konsep friluftsliv ini sudah diterapkan selama 164 tahun. Konsep ini berbicara tentang merangkul alam, dan merupakan bagian besar dari budaya Swedia. Ketika anak-anak masih kecil, mereka dibiarkan memanjat batu dan pohon, menyelidiki makhluk berlendir, menggali lubang, dan bermain tanpa campur tangan orang dewasa.

Baca Juga

Pakar parenting Linda Åkeson McGurk mengatakan dirinya tinggal di Swedia sejak kecil. Tapi ketika ia tinggal di Amerika Serikat, ia mengatakan banyak tatapan aneh yang didapatnya ketika orang-orang mengetahui anak gadisnya tidur siang dengan gembira di teras belakang rumah hampir setiap hari, atau betapa seringnya mereka bermain di luar tanpa alas kaki.

Sebagai penulis "The Open-Air Life" dan "There's No Such Thing as Bad Weather", ia menemukan bahwa friluftsliv bukan hanya cara untuk menanamkan kebiasaan sehat pada anak-anak di usia muda. Tetapi juga merupakan alasan utama mengapa negara-negara nordik biasanya berada di peringkat paling bahagia di dunia.