Kamis 16 Nov 2023 06:47 WIB

Granit Xhaka Cetak Rekor Penampilan Terbanyak untuk Swiss di Kualifikasi Euro 2024

Granit Xhaka sudah mengoleksi 119 laga membela Swiss.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Swiss Granit Xhaka.
Foto: Martial Trezzini/Keystone via AP
Gelandang Swiss Granit Xhaka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Granit Xhaka mencatatkan rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk negaranya Swiss pada Kamis (16/11/20230 dengan bermain di pertandingan ke-119 untuk tim nasional pria.

Xhaka menjadi kapten tim saat bermain imbang 1-1 melawan Israel dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 di Felcsut, Hungaria. Tim Israel memainkan pertandingan kandang lafa internasional mereka di negara-negara netral karena agresi ke Palestina.

Baca Juga

Swiss akan lolos ke Euro 2024 di Jerman - yang akan menjadi turnamen putaran final utama keenam bagi Xhaka dengan kemenangan pada Kamis dini hari WIB. Swiss masih bisa melaju dengan satu pertandingan tersisa dengan mengalahkan Kosovo di kandang sendiri pada Ahad (19/11/2023) dini hari WIB.

Xhaka memecahkan rekor yang ia miliki bersama Heinz Hermann, saat sama-sama mencapai penampilan ke-118 untuk Swiss. Herman melakukannya pada tahun 1991. Sekarang, Xhaka satu laga di atas Hermann.

Xhaka merupakan gelandang berusia 18 tahun yang memperkuat Basel ketika ia mencatatkan debut bersama Swiss. Ketika itu, Swiss bermain melawan Inggris dalam hasil imbang 2-2 di Stadion Wembley pada Juni 2011.

Dia pertama kali pindah ke Jerman untuk bergabung dengan Borussia Mönchengladbach dan menghabiskan tujuh musim bersama Arsenal. Sekarang Xhaka membela pemimpin Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Pemain 31 tahun tersebut telah mencetak 14 gol untuk tim nasional Swiss. Ia unggul dua penampilan dari rekan setimnya, Xherdan Shaqiri, yang berada di bangku cadangan saat melawan Israel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement