Jumat 17 Nov 2023 07:09 WIB

Luksemburg Bungkam Bosnia 4-1 untuk Masuk ke Babak Playoff Euro 2024

Luksemburg dan Bosnia bisa berburu tiket Euro 2024 lewat UEFA Nations League.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Luksemburg merayakan gol ke gawang Bosnia pada laga kualifikasi Euro 2024,
Foto: EPA-EFE/FEHIM DEMIR
Para pemain Luksemburg merayakan gol ke gawang Bosnia pada laga kualifikasi Euro 2024,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luksemburg menghajar Bosnia 4-1 pada hari Jumat (17/11/2023) dini hari WIB, tetapi tetap gagal finis di posisi dua besar Grup J Kualifikasi Euro 2024. Sebab, pada laga lain Slovakia mengalahkan Islandia 4-2 untuk merebut tiket lolos langsung ke Jerman tahun depan sebagai runner-up Grup J.

Hasil ini membuat Luksemburg dan Bosnia tetap dalam perburuan tempat berlaga di Euro 2024 lewat babak play-off.

Baca Juga

Tim tuan rumah memimpin di Stadion Luksemburg setelah enam menit ketika sundulan Mathias Olesen masuk ke pojok kanan atas gawang Nikola Vasilj.

Luksemburg memperbesar keunggulan 20 menit kemudian melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Gerson Rodrigues menyusul pelanggaran yang dilakukan oleh Amir Hadziahmetovic kepada Leandro Barreiro, setelah tinjauan VAR. Para pendukung tuan rumah mereposn dengan melemparkan suar ke dalam lapangan.

Gol ketiga tuan rumah tercipta 10 menit setelah jeda, menyusul gol bunuh diri dari bek Nihad Mujakic yang menerima umpan silang dari Dirk Carlson. Sebuah gol menit akhir dari Renato Gojkovic memberikan Bosnia sedikit ruang untuk bernafas pada waktu tambahan sebelum Rodrigues mencetak gol keduanya dua menit kemudian.

Portugal yang telah lolos dari babak kualifikasi memuncaki Grup J dengan 25 poin setelah sembilan pertandingan, sedangkan Slovakia berada di posisi kedua dengan 19 poin. Luksemburg dan Bosnia masih memiliki kesempatan untuk melaju ke babak playoff via UEFA Nations League.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement