Jumat 17 Nov 2023 11:38 WIB

UNM Gelar Workshop Strategi Digital Marketing untuk Tingkatkan Kinerja UMKM

Dosen UNM yang raih hibah aktif mendukung program yang fokus pada digital marketing

Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mendapatkan Hibah Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Dalam rangka mengoptimalkan manfaat dari hibah ini, UNM mengadakan workshop berjudul Workshop Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital.
Foto: Dok UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mendapatkan Hibah Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Dalam rangka mengoptimalkan manfaat dari hibah ini, UNM mengadakan workshop berjudul Workshop Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mendapatkan Hibah Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Dalam rangka mengoptimalkan manfaat dari hibah ini, UNM mengadakan workshop berjudul “Workshop Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital”.

Workshop tersebut digelar pada Rabu (15/11) di Asyana Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 09:00 – 11:00 WIB. Kelompok dosen UNM yang mendapatkan hibah, aktif dalam mendukung program ini dengan fokus pada strategi digital marketing.

Pada kesempatan ini, dosen yang mendapatkan program hibah dan sebagai panitia dalam pelaksanaan workshop yakni: Dr Nita Merlina, Anton, Ida Zuniarti, Lia Mazia, Maruloh dan Siti Nurlela. Kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa Universitas Nusa Mandiri yaitu: Coky Amajaya Situmorang, Irhendra Zuniar Fakhira dan Jonatan Antonius Hutagalung.

Sementara itu, acara ini dihadiri oleh mitra UMKM UNM, yakni Mitra Okian Makmur Abadi. Ida Zuniarti, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNM, selaku Ketua Tim dan juga salah satu dosen penerima dana hibah mengatakan, pemilihan program pembinaan UMKM berbasis kemitraan ini dipilih sebagai penguatan strategi bisnis dengan pemanfaatan media digital.

“Langkah ini sejalan untuk mendorong UMKM melakukan transformasi digital dalam bisnis mereka guna memperoleh keunggulan kompetitif di era Society 5.0 yang penuh tantangan dan peluang. Selain itu, UNM sebagai Kampus Digital Bisnis, berperan lebih aktif dalam pengembangan bisnis di lingkungan masyarakat umum tidak hanya di lingkungan kampus saja,” ujarnya, kepada media, Rabu (15/11).

Workshop ini menghadirkan Rudianto sebagai instruktur digital marketing yang membahas tentang komponen-komponen Digital Marketing, termasuk Search Engine Marketing, Social Media Marketing dan Search Engine Optimization.

“Sesi praktik pembuatan konten melalui Canva menjadi sorotan, peserta workshop mendapatkan wawasan mendalam dari para pembicara. Kita berharap dari kegiatan ini bisa membantu mitra UMKM kami agar bisnisnya lebih berkembang pesat melalui pemanfaatan media digital serta semakin mengukuhkan UNM sebagai Kampus Digital Bisnis,” jelas Ida.

Selanjutnya, akan ada kegiatan workshop tentang penggunaan website, pendaftaran produk mitra dan sertifikat ke BPOM serta pendampingan mitra untuk optimalisasi media sosial pada mitra masing-masing. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement