Jumat 17 Nov 2023 14:44 WIB

Setelah RS Al-Shifa, Tank Israel Kepung RS Baptis Al-Ahli

RS Baptis Al Ahli jadi satu-satunya rumah sakit yang masih berfungsi di Jalur Gaza.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Penampakan kondisi RS Al-Ahli Baptist di Gaza pada Rabu, 18 Oktober 2023 atau sehari setelah Israel menembakkan rudal ke rumah sakit tersebut.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Penampakan kondisi RS Al-Ahli Baptist di Gaza pada Rabu, 18 Oktober 2023 atau sehari setelah Israel menembakkan rudal ke rumah sakit tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan pada Kamis (17/11/2023), bahwa tank-tank Israel mengepung Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Gaza City.  Tim ambulans rumah sakit itu pun tidak dapat menjangkau orang-orang yang terluka karena bentrokan yang intens.

Lembaga kemanusia itu mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook, bahwa tank-tank mengepung Rumah Sakit Baptis Al-Ahli dan terjadi bentrokan hebat. “Tim ambulans Bulan Sabit Merah tidak dapat bergerak untuk menjangkau korban luka dan terluka," ujar keterangan dikutip dari Anadolu Agency.

Baca Juga

Padahal fasilitas kesehatan itu merupakan satu-satunya rumah sakit yang masih berfungsi di Jalur Gaza. Direktur Operasi dan Darurat di Rumah Sakit Baptis Al-Ahli Ahmad Al-Louh menyatakan pada Rabu (15/11/2023) , rumah sakit memberikan pertolongan pertama, dan orang yang terluka harus menunggu dalam antrian panjang untuk operasi medis.

Al-Louh mengatakan, dalam situasi saat ini, rumah sakit dan staf medisnya tidak dapat memberikan layanan kesehatan yang baik. Perpustakaan rumah sakit diubah menjadi ruang penerimaan pasien dan pembalut luka.