Sabtu 18 Nov 2023 05:34 WIB

Italia Kalahkan Makedonia Utara 5-2, Jalani Laga Penentu Vs Ukraina untuk Tiket Euro 2024

Italia dan Ukraina sama-sama mengoleksi nilai 13 dengan satu laga tersisa.

Red: Israr Itah
Pemain Italia Matteo Darmian (kiri) merayakan golnya ke gawang Makedonia Utara pada Kualifikasi Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pemain Italia Matteo Darmian (kiri) merayakan golnya ke gawang Makedonia Utara pada Kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Federico Chiesa mencetak dua gol pada babak pertama untuk Italia saat mengalahkan Makedonia Utara 5-2 dalam laga ketujuh Grup C Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (18/11/2023) dini hari WIB. Hasil ini membuat Italia akan menjalani duel penentuan melawan Ukraina pada Selasa (21/11/2023) dini hari WIB, untuk memperebutkan satu tiket lolos langsung ke Jerman tahun depan. 

Italia dan Ukraina sama-sama mengoleksi nilai 13, tapi Azzurri unggul head to head setelah menang atas negara yang tengah berperang melawan Rusia tersebut. Italia hanya membutuhkan hasil imbang untuk mendampingi Inggris yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024.

Baca Juga

"Yang terpenting adalah kami memenangkan pertandingan. Sayangnya, kami kebobolan dua gol yang secara keseluruhan saya rasa tidak pantas kami biarkan, tetapi sekarang kami akan bertarung langsung dengan Ukraina," ujar Chiesa. "Kami menunjukkan bahwa kami ingin mendominasi pertandingan dan kami pantas mendapatkan kemenangan."

Makedonia Utara telah tersingkir dari persaingan sebelum kunjungan terakhirnya ke Italia dan Azzurri dengan cepat mengambil alih kendali. Bek sayap Matteo Darmian mencetak gol pada menit ke-17 di Stadion Olimpico melalui sundulan setelah menerima umpan sepak pojok. Ini gol pertama Darmian bagi tim nasional dalam lebih dari delapan tahun terakhir,

Chiesa, yang juga sempat dianulir golnya karena offside pada awal laga, mencetak gol pertamanya dengan menggunakan satu sentuhan untuk melepaskan tendangan jarak jauh. Kemudian dia mencetak gol lainnya dengan tendangan melingkar di babak kedua.

Pemain pengganti Jani Atanasov menyamakan kedudukan untuk Makedonia Utara melalui sundulan pada awal babak kedua dan kemudian mencetak gol lagi melalui tendangan yang berbelok dan mengenai pemain bertahan Italia, Francesco Acerbi, yang membuat pertandingan menjadi menegangkan bagi tim asuhan Luciano Spalletti.

Namun Giacomo Raspadori menyelesaikan sebuah serangan balik untuk Italia di menit ke-81 dan Stephan El Shaarawy menambahkan satu gol lagi di waktu tambahan untuk merestorasi keunggulan tiga gol.

Inggris, yang mengalahkan Malta 2-0 dan memiliki 19 poin, menjadi juara grup. Makedonia Utara menguntit di peringkat empat dengan tujuh poin dan Malta memiliki nol poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement