Ahad 19 Nov 2023 01:36 WIB

Starship Siap Uji Terbang Kedua, Apakah Kali Ini Berhasil?

Peluncuran tanpa awak dijadwalkan berlangsung selama 20 menit.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Starship, pesawat luar angkasa milik SpaceX, siap melakukan uji terbang kali kedua, Sabtu (18/11/2023) waktu setempat.
Foto: EPA-EFE/ADAM DAVIS
Starship, pesawat luar angkasa milik SpaceX, siap melakukan uji terbang kali kedua, Sabtu (18/11/2023) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pesawat luar angkasa generasi berikutnya SpaceX, Starship, yang dikembangkan untuk membawa astronot ke bulan dan sekitarnya, akan diluncurkan pada Sabtu (18/11/2023) untuk uji peluncuran ulang dari Texas selatan. Ini tepat tujuh bulan setelah upaya pertamanya untuk melakukan misi tersebut mencapai ruang angkasa berakhir dengan ledakan.

Dilaporkan laman Reuters, Sabtu (18/11/2023), peluncuran tanpa awak dijadwalkan berlangsung selama 20 menit mulai pukul 7 pagi CST (1300 GMT) di situs Starbase SpaceX di Teluk Meksiko dekat Boca Chica. Starship dipasang di atas pendorong roket Super Heavy yang menjulang tinggi dalam percobaan penerbangan kedua yang dilakukan kedua kendaraan secara bersamaan.

Baca Juga

Tujuan misi ini adalah untuk meluncurkan Starship dari darat di Texas dan ke luar angkasa sebelum mencapai orbit, kemudian terjun melalui atmosfer bumi untuk mendarat di lepas pantai Hawaii. Peluncuran dijadwalkan pada hari Jumat tetapi diundur satu hari karena pertukaran perangkat keras kontrol penerbangan pada menit-menit terakhir.

Uji terbang yang sukses akan menandai langkah penting menuju pencapaian ambisi SpaceX untuk memproduksi pesawat ruang angkasa multiguna yang mampu mengirim manusia dan kargo kembali ke bulan pada akhir dekade ini untuk NASA, dan akhirnya ke Mars.