Ahad 19 Nov 2023 21:40 WIB

Konten Premium, Hoaks, dan Keberlangsungan Media Massa

Media massa bisa tetap eksis dengan integritas dan kredibilitas.

Red: Nashih Nashrullah
Membaca berita di ponsel pintar (ilustrasi). Media massa bisa tetap eksis dengan integritas dan kredibilitas
Foto: VOA/Reuters
Membaca berita di ponsel pintar (ilustrasi). Media massa bisa tetap eksis dengan integritas dan kredibilitas

Oleh : Erdy Nasyrul, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta, wartawan Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Abad ke-21 merupakan tantangan bisnis media massa. Kemajuan teknologi yang kini berupa digitalisasi meniscayakan kebanyakan individu mengakses internet dan berselancar di dalamnya hanya dengan gadget yang mereka pegang.

Ini merupakan fenomena dan budaya baru yang menghadirkan kemudahan setiap orang untuk saling terhubung, cepat mendapatkan informasi, dan praktis melakukan transaksi. Dalam situasi demikian, bagaimana dengan media massa?

Baca Juga

Sejak lima abad lalu, informasi disampaikan dalam bentuk cetak yang ditandai dengan penemuan dan penerapan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg di Prancis. Saat itu, berbagai kabar berseliweran melalui lembaran berisikan kabar yang disebarluaskan kepada khalayak. Kemudian bergulir menjadi perbincangan dari mulut ke mulut.

Menginjak abad ke-19 dan seterusnya, bentuk media massa menemukan bentuk lain, yaitu berupa suara dan audio visual yang dipancarkan melalui frekuensi pemerintah. Kemudian diakses banyak orang secara serentak dalam satu waktu.