Senin 20 Nov 2023 21:32 WIB

Sering Sembelit? Begini Solusi Cepat dan tanpa Obat Pencahar

Sayuran dengan jumlah air dan serat tinggi membuat makanan bergerak lebih cepat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Para ahli mengatakan antara tiga kali sehari sehingga tiga kali sepekan adalah frekuensi normal untuk buang air besar.   (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Para ahli mengatakan antara tiga kali sehari sehingga tiga kali sepekan adalah frekuensi normal untuk buang air besar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Studi menunjukkan bahwa antara 10 hingga 15 persen orang Amerika menderita sindrom iritasi usus besar (IBS). Salah satu gejala paling umum adalah sembelit. 

Selain obat pencahar, air minum, dan mungkin kopi, hanya ada sedikit pilihan yang dapat meredakan nyeri dengan cepat. Tetapi ahli gizi terkenal TikTok, Vanessa Irene, memiliki saran alternatif. Saran tersebut, menurut dia, akan berhasil dalam 30 menit. 

Baca Juga

Dilansir Mail Online, Senin (20/11/2023), dalam klip yang dibagikan ke salurannya, yang telah ditonton lebih dari 1,3 juta kali, pelatih kesehatan dan ahli gizi ini mengatakan buang air besar sepekan sekali adalah tidak sehat untuk Anda. 

“Jadi saya akan menunjukkan kepada kalian cara buang air besar dalam waktu 30 menit, Anda tidak perlu membeli obat apa pun,” ujar Irene. “Aku akan memberikannya pada Anda sekarang,” kata dia. 

Irene selanjutnya memberikan nasihat bahwa Anda perlu seledri dan bayam. Setelah itu, Irene menuturkan, Anda perlu memasukkannya ke dalam blender dengan sedikit air.  “Setelah Anda selesai memblender, Anda akan melihat sedikit busa dan itu akan menjadi cairan yang sangat halus. Seledri dan bayam berpadu apik,” ujar dia. 

Selanjutnya, ''Berjalanlah sebentar dan Anda akan segera pergi ke kamar mandi,” katanya. 

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sayuran dengan jumlah air dan serat yang tinggi dapat membuat makanan bergerak lebih cepat melalui usus sehingga mengatur pencernaan. Seledri mengandung sekitar 95 persen air; satu porsi berisi setengah cangkir. Demikian pula, air membentuk 93 persen bayam. 

Para ahli mengatakan antara tiga kali sehari sehingga tiga kali sepekan adalah frekuensi normal untuk buang air besar. Menurut National Institute for Health, cara mencegah sembelit termasuk mendapatkan cukup serat (dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian), olahraga teratur, dan minum banyak cairan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement