Selasa 21 Nov 2023 06:05 WIB

Akuisisi Nilai Inti Sekuritas, Pluang Kini Merambah Pasar Saham

Pluang menyebut dengan rambah pasar saham, pengguna miliki diversifikasi investasi

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Grup Pluang telah merambah pasar saham dengan merampungkan akuisisi PT Nilai Inti Sekuritas. Dengan mengakuisisi sekuritas, Pluang berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi dalam mempercepat pertumbuhan investor ritel sekaligus memajukan pasar modal Indonesia.
Foto: dok istimewa
Grup Pluang telah merambah pasar saham dengan merampungkan akuisisi PT Nilai Inti Sekuritas. Dengan mengakuisisi sekuritas, Pluang berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi dalam mempercepat pertumbuhan investor ritel sekaligus memajukan pasar modal Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup Pluang telah merambah pasar saham dengan merampungkan akuisisi PT Nilai Inti Sekuritas. Dengan mengakuisisi sekuritas, Pluang berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi dalam mempercepat pertumbuhan investor ritel sekaligus memajukan pasar modal Indonesia. 

Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas mengatakan, dengan hadirnya Nilai Inti Sekuritas sebagai bagian dari Grup Pluang, kedua pihak akan tetap meninjau dan meminta arahan dari regulator terkait prospek penambahan kelas aset saham Indonesia di aplikasi Pluang pada masa mendatang.

Diharapkan lebih dari 10 juta pengguna terdaftar dalam aplikasi Pluang akan memiliki pilihan diversifikasi investasi untuk kelas aset saham Indonesia, selain kelas aset reksa dana, emas digital, aset kripto, dan saham Amerika Serikat (AS) yang telah ada sebelumnya.

"Kami menawarkan berbagai diversifikasi kelas aset investasi serta inovasi-inovasi dalam platform digital kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik, aman, dan terpercaya bagi jutaan calon investor yang ada di Indonesia,” jelas Claudia dalam keterangannya dikutip Senin, (20/11/2023).

Kolaborasi Pluang dengan Nilai Inti Sekuritas diyakini mampu memperluas pangsa pasar dengan berfokus pada segmen generasi muda melek digital atau digital savvy, terutama di bawah umur 30 tahun. Sebab mengacu data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor ritel di pasar modal terus meningkat hampir mendekati lima kali lipat, dari angka 2,5 juta investor di 2019 menjadi 11,7 juta investor per September 2023. 

Menariknya, hampir 60 persen dari jumlah investor tersebut berusia di bawah 30 tahun.  “Pluang berkomitmen penuh untuk mendukung upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital di Indonesia, khususnya dengan mengajak kalangan muda untuk mempelajari sektor keuangan yang nantinya menjadi investor pasar modal yang melek investasi," tambahnya.

Sebelumnya, pada 22 Agustus 2023, Nilai Inti Sekuritas telah mengumumkan hasil pengambilalihan seluruh saham perusahaan dari modal ditempatkan dan disetor perseroan kepada Grup Pluang. 

Grup Pluang sebagai pemegang saham baru telah memperoleh persetujuan-persetujuan yang diperlukan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Nilai Inti Sekuritas didirikan sejak tahun 1999 sebagai perusahaan jasa keuangan yang memfokuskan kegiatannya dalam memberikan pelayanan bagi para nasabah, dengan jasa-jasa yang ditawarkan antara lain berupa jasa perantara pedagang efek saham dan jasa underwriting.

Grup Pluang merambah pasar saham di tengah kondisi pasar yang sedang volatil. Indeks Harga Saham Gabungan tercatat naik 1,84 persen secara year-to-date (ytd) ke level 6.977,66 per Jumat, (17/11/2023). Sedangkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) saham masih lesu kisaran Rp 10,49 triliun.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement