Selasa 21 Nov 2023 08:11 WIB

Menteri Bintang Apresiasi Keberanian Dokter Qory Laporkan KDRT

Keputusan Dokter Qory mencari perlindungan sudah sangat tepat.

Red: Friska Yolandha
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga
Foto: VOA
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, mengapresiasi keberanian Dokter Qory yang berani melepaskan diri dari pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan mencari perlindungan yang aman. Ia mengatakan keputusan mencari perlindungan adalah sudah tepat.

"Keputusan dr Qory untuk meninggalkan rumah dan mencari perlindungan itu sudah sangat tepat. Kami sangat mengapresiasi keberanian dr Qory dan juga berterima kasih kepada warganet dan masyarakat yang dengan perhatian besar mencari keberadaan korban," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Senin (21/11/2023).

Baca Juga

Bintang Puspayoga mengatakan kasus dr Qory, korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang viral di media sosial, menjadi alarm untuk masyarakat bahwa KDRT, khususnya yang menimpa perempuan bukan aib dari keluarga, sehingga korban harus berani melapor.

Pihaknya sangat prihatin atas kejadian dan kondisi yang menimpa dr Qory yang dalam penyidikan polisi ternyata mengalami KDRT berulang sejak lama.

Bintang Puspayoga mengatakan tidak mudah bagi korban untuk keluar dari kungkungan pelaku KDRT yang biasanya memang disertai ancaman apalagi jika kondisi keluarga hanya membiarkan aksi pelaku KDRT.

"Dengan berani melapor, maka pertolongan kepada korban dapat segera dilakukan, begitu pula upaya penyelamatan terhadap anak-anak korban," katanya.

Pihaknya menegaskan bahwa KDRT bukan lagi urusan privat, tapi sudah menjadi urusan negara sejak Undang-undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU PKDRT) dituangkan dalam lembaran negara pada 22 September 2004.

"Sekali lagi, kepada semua perempuan yang mengalami kekerasan di dalam rumah tangga-nya, segeralah melapor," kata Menteri PPPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement