Selasa 21 Nov 2023 13:18 WIB

Polisi Selidiki Dugaan Pelayanan Buruk yang Sebabkan Bayi di Tasikmalaya Meninggal 

Penyidik saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap orang tua bayi. 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Suasana Klinik Alifa di Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, beberapa waktu lalu. Klinik itu diduga memberikan pelayanan buruk hingga menyebabkan bayi yang baru dilahirkan meninggal dunia.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Suasana Klinik Alifa di Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, beberapa waktu lalu. Klinik itu diduga memberikan pelayanan buruk hingga menyebabkan bayi yang baru dilahirkan meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota telah menerima laporan terkait kasus dugaan pelayanan buruk di salah satu klinik wilayah Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, pada Senin (20/11/2023). Pelayanan yang diduga menyebabkan seorang bayi meninggal dunia itu kini sedang diselidiki aparat kepolisian. 

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polres Tasikmalaya Kota Ipda Jajang Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait kasus itu dari keluarga korban. Saat ini, polisi disebut masih melakukan penyelidikan terkait kasus yang kini ramai di media sosial (medsos) tersebut. 

Baca Juga

"Kami sudah terima laporan dari keluarga korban," kata dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (21/11/2023).

Menurut dia, penyidik saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap orang tua bayi yang meninggal dunia itu. Penyelidikan dilakukan dengan cara jemput bola. 

"Soalnya kondisi ibu bayi belum pulih, jadi kami datang langsung ke rumahnya," kata Jajang.

Sementara itu, perwakilan keluarga korban, Tati Nurhayati, mengaku sudah melaporkan kasus itu ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya Kota. Menurut dia, anaknya yang melahirkan di klinik tersebut sudah dimintai keterangan oleh aparat kepolisian. 

"Tadi sudah ada dari Polres ke sini, baru pulang. Mereka tanya kronologi kejadian," kata Tati saat dikonfirmasi, Selasa.

Kasus itu bermula ketika pasien atas nama Nisa Armila (23 tahun) menjalani proses persalinan di klinik yang berada di wilayah Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, pada Senin (13/11/2023) malam. Saat melakukan proses persalinan, pasien tak mendapatkan pelayanan dengan baik.

"Jadi, adik saya, ibu yang melahirkan di sana tidak direspons dengan baik," ujar Nadia Anastasia, yang merupakan kakak pasien, beberapa waktu lalu. 

Ia mencontohkan, petugas yang menangani proses persalinan adiknya terlihat tidak profesional karena bekerja sambil bermain ponsel. Selain itu, adiknya yang menjalani proses persalinan diduga menjadi bahan pelajaran mahasiswa yang sedang praktik di klinik tersebut. 

Selain itu, adiknya yang melahirkan di klinik tersebut tidak dibersihkan seusai menjalani proses persalinan. Penanganan terhadap bayi yang baru lahir juga tidak maksimal.

Menurut dia, bayi adiknya itu memiliki berat badan sekitar 1,5 kilogram saat lahir. Namun, bayi itu hanya dimasukkan ke dalam inkubator selama beberapa jam. Pada Selasa (14/11/2023) pagi, ibu dan bayi disuruh pulang oleh pihak klinik lantaran dinyatakan sudah sehat tanpa harus melakukan penanganan lanjutan.

Tak sampai sehari berada di rumah, tepatnya pada Selasa malam, bayi berjenis kelamin laki-laki yang baru dilahirkan itu tak bergerak. Pihak keluarga kemudian membawanya ke klinik tempat bayi itu dilahirkan. Namun, sang bayi dinyatakan sudah meninggal dunia. Pihak klinik disebut tak memberikan keterangan lanjutan.

Pihak keluarga masih berupaya untuk memastikan kondisi bayi itu dengan membawanya ke rumah sakit lain. Namun, nyawa bayi itu sudah tak tertolong.

"Petugas di rumah sakit itu heran karena bayi sudah dibolehkan pulang. Padahal masih harus dirawat," kata Nadia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement