Selasa 21 Nov 2023 23:05 WIB

Hewan Buas Menerkam Ahli Maksiat di Alam Kubur 

Kedua malaikat itu memukuli orang kafir dan ahli maksiat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi kuburan
Foto: Wikipedia
Ilustrasi kuburan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Azab kubur yang ditimpakan kepada orang-orang kafir dan yang ahli maksiat bisa bermacam-macam bentuknya. Dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa di antara siksa kubur yang akan dirasakan orang kafir dan ahli maksiat adalah pukulan bertubi-tubi dari malaikat Munkar dan Nakir.

Kedua malaikat itu memukuli orang kafir dan ahli maksiat hingga tembus ke bumi ke tujuh karena mereka tak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dua malaikat itu. Ada juga riwayat lain yang menyebutkan bahwa mereka dipukul hingga pukulannya itu mengeluarkan api dari bumi yang menyambar-nyambar ke tubuh orang kafir dan ahli maksiat itu. 

Baca Juga

Lalu ada riwayat lainnya yang menjelaskan tentang azab kubur yang akan dirasakan orang-orang ahli maksiat. Yaitu adalah diterkam dengan hewan-hewan buas menyeramkan seperti anjing, nabi, singa dan lainnya. Hewan-hewan itu adalah jelmaan daripada amal buruknya ketika di dunia. Hewan-hewan itu menggigit mereka tak henti-henti hingga hari kiamat tiba.

فمنهم من يستحيل عمله كلبا ينهشه حتى تقوم الساعة وهم الخوارج ، ومنهم من يستحيل خنزيرا يعذب به في قبره وهم المرتابون وهم أنواع ، وأصله أن الرجل إنما يعذب في قبره بالشيء الذي كان يخافه في الدنيا. فمن الناس من يخاف من الجرو أكثر من الأسد وطبائع الخلق متفرقة.